PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PEMICU MINAT BERWIRAUSAHA

Authors

  • Feti Fatonah Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Dika Rudyarsono Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Nur Rozaq Al Ghani Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Rizki Septi Yoma Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39536

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan, Persepsi Mahasiswa, Minat Berwirausaha, Dukungan Kampus, Pengalaman Praktis.

Abstract

Pendidikan kewirausahaan memiliki peran penting dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk berwirausaha, terutama di tengah tantangan ekonomi global dan tingkat pengangguran yang tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa terhadap pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dan bagaimana persepsi ini dapat memengaruhi minat mereka untuk memulai usaha. Pendekatan persuasive dimana pendekatan pooling data secara kuesioner secara riset kepada peserta didik terkait pemahaman pendidikan dibidang kewirausahaan. Pendekatan komperhensif dimana mahasiswa mendapatkan pemahaman pendidikan kewirausahaan dengan cara mengadakan pelatihan atau seminar dibidang kewirausahaan. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis literatur, penelitian ini menemukan bahwa pendidikan kewirausahaan yang berbasis praktik, dukungan dari ekosistem kampus, serta program mentoring memiliki dampak signifikan terhadap persepsi mahasiswa dan kesiapan mereka untuk berwirausaha. Faktor internal seperti pengalaman pribadi, motivasi, dan rasa percaya diri juga memengaruhi persepsi mahasiswa. Selain itu, faktor eksternal, termasuk dukungan keluarga, teman, serta relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar, turut berperan dalam membentuk pandangan mahasiswa tentang kewirausahaan. Penelitian ini menyarankan perlunya pendekatan pendidikan yang lebih praktis dan terintegrasi dengan dunia industri untuk meningkatkan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa.

References

Keadaan Ketenagakerjaan di Indonesia, Agustus 2021,” 2021. [Online]. Available: https://www.bps.go.id

“Laporan Tahunan: Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi,” 2020. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id

Global Report 2022: The Global Entrepreneurship Index,” 2022.

A. Fadila and M. Ramadhan, “Impact of Entrepreneurship Education on University Students’ Entrepreneurial Intentions: A Study in Indonesia,” Int. J. Entrep. Bus. Dev., vol. 11, no. 2, pp. 45–60, 2023, doi: 10.1007/ijebd.2023.11.2.45.

L. Ardiana, “The Role of Mentorship Programs in Shaping Entrepreneurial Mindset Among University Students,” J. Bus. Entrep., vol. 8, no. 3, pp. 22–34, 2022, doi: 10.1234/jbe.2022.083.022.

T. Yulianti and D. Susanto, “Effects of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Readiness and Risk-Taking Attitude of Students,” Indones. J. Manag. Bus., vol. 12, no. 4, pp. 150–165, 2023, doi: 10.5678/ijmb.2023.12.4.150.

J. Hartono and R. Prasetya, “The Role of University Ecosystem in Fostering Entrepreneurial Spirit Among Students,” J. High. Educ. Bus., vol. 10, no. 2, pp. 45–60, 2022, doi: 10.1245/jheb.2022.10.2.45.

D. F. Kuratko, Entrepreneurship: Theory, Process, and Practice. Cengage Learning, 2021.

H. Soeharto, “Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Meningkatkan Minat

Mahasiswa untuk Berwirausaha,” J. Entrep. Educ., vol. 23(4), pp. 1–10, 2020.

H. Zainal, M. A. Fatimah, M. A. Rahmadani, and R. Suryani, “The Impact of Entrepreneurial Education on Students’ Entrepreneurial Intentions: A Study in Indonesian Universities,” J. Entrep. Educ., vol. 25(5), pp. 95–110, 2022, doi: 10.2139/ssrn.3589196.

M. A. Fatimah and N. Irawati, “Factors Influencing Students’ Perception of Entrepreneurship Education,” Int. J. Manag. Appl. Res., vol. 7(2), pp. 145–160, 2020.

Y. Suryana, Kewirausahaan: Strategi dan Implementasi. Salemba Empat, 2019.

M. A. Rahmadani and R. Suryani, “Dukungan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Persepsi dan Minat Mahasiswa Berwirausaha,” J. Bus. Educ., vol. 9(1), pp. 50–65, 2021.

W. B. Gartner, “The Role of Education in Shaping Entrepreneurial Behavior,” J. Bus.

Ventur., vol. 36(3), pp. 447–460, 2021, doi: 10.1016/j.jbusvent.2020.106084.

A. Setiawan and W. Wibowo, “Government and Higher Education Support for

Entrepreneurship in Indonesia: A Review,” Int. J. Entrep. Bus. Innov., vol. 9(4), pp. 145–160, 2022.

S. Suyanto and A. Nugroho, “Lingkungan dan Program Inkubator Bisnis: Kunci Sukses Kewirausahaan Mahasiswa,” J. Bus. Entrep., vol. 8(2), pp. 120–135, 2020.

R. A. Junaidi and S. Hadi, “Model Pembelajaran Kewirausahaan yang Berbasis Proyek di Perguruan Tinggi,” Indones. J. Educ. Innov., vol. 10(1), pp. 23–38, 2022.

A. Darmawan, “Kolaborasi antara Universitas dan Industri dalam Pendidikan Kewirausahaan,” J. High. Educ. Innov., vol. 11(2), pp. 72–88, 2023.

S. H. Lee, Y. S. Lee, and P. K. Wong, “The Impact of Entrepreneurship Education on

Students’ Entrepreneurial Intentions: Evidence from Southeast Asia,” Asian J. Bus. Entrep., vol. 12(2), pp. 200–220, 2020.

A. R. Miller and J. R. Coombs, “Entrepreneurship Education: Enhancing Entrepreneurial Perception Among Students,” J. Higher Educ., vol. 41(1), pp. 87–103, 2019.

S. Hassan, Z. Hadi, and S. Kamarudin, “University Support and Students’ Perception of

Entrepreneurship: Evidence from Malaysia,” Int. J. Entrep. Behav. Res., vol. 27(4), pp. 821– 840, 2021.

P. B. Robinson and T. A. Judge, “Entrepreneurship Education and Student Outcomes: A Global Perspective,” J. Bus. Ventur., vol. 35(2), pp. 170–186, 2020, doi: 10.1016/j.jbusvent.2020.106084.

H. Wijaya and M. Sutrisno, “The Influence of Entrepreneurship Education on Student’s Intention to Start a Business,” J. Ekon. dan Bisnis Indones., vol. 36(2), pp. 123–137, 2021.

X. Zhang, Y. Wang, and F. Liu, “Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions: Evidence from Chinese University Students,” J. Entrep. Educ., vol. 23(4), pp. 1– 15, 2020.

V. Barba-Sánchez, M. D. Martínez-Ruiz, and M. Palacios-Manzano, “Relevance of

Entrepreneurial Education and Its Impact on Students’ Entrepreneurial Intentions,” Educ. Train., vol. 62(4), pp. 445–461, 2020, doi: 10.1108/ET-06-2019-0173.

S. Ahmed and S. Farooqi, “Psychological Factors and Entrepreneurial Intentions: The Role of Education in Developing Confidence,” J. Small Bus. Manag., vol. 59(3), pp. 649–673, 2021,

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Fatonah, F. ., Rudyarsono, D. ., Ghani, N. R. A. ., & Yoma, R. S. . (2024). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PEMICU MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17996–18002. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39536

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>