PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI CHATGPT DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEMESTER IV UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BONE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41085Keywords:
Penggunaan Aplikasi Chatgpt Dalam Mendukung Pembelajaran, Persepsi Mahasiswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi ChatGPT dalam mendukung pembelajaran di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan subjek 10 mahasiswa dan 2 orang dosen di program studi teknologi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu belajar. Mereka mengapresiasi kemampuan aplikasi ini dalam memberikan jawaban yang cepat dan akurat serta membantu dalam memahami materi yang sulit. Namun, beberapa mahasiswa mengungkapkan kekhawatiran mengenai ketergantungan yang berlebihan pada teknologi ini dan potensi pengurangan interaksi mahasiswa dalam proses pembelajaranReferences
Alizamar, & Couto, N. (2016). psikologi persepsi & desain. In A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano. Media akademi.
Aljanabi, M., Ghazi, M., Ali, A. H., Abed, S. A., & Gpt, C. (2023). ChatGpt: Open Possibilities. Iraqi Journal for Computer Science and Mathematics, 4(1), 62–64.
Anggit, P. (2023). ChatGPT adalah: pengertian, kelebihan, kekurangan, dan cara menggunakannya. KOINWORK.
Hakim, F. B., Yunita, P. E., Supriyadi, D., Isbaya, I., & Ramly, A. T. (2021). Persepsi, Pengambilan Keputusan, Konsep diri dan Value. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3), 155–165. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.3972
Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Afni Safitri, Cheriani Cheriani, A Suharman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.