PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI CHATGPT DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEMESTER IV UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BONE

Authors

  • Nur Afni Safitri Universitas Muhammadiyah Bone
  • Cheriani Cheriani Universitas Muhammadiyah Bone
  • A Suharman Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41085

Keywords:

Penggunaan Aplikasi Chatgpt Dalam Mendukung Pembelajaran, Persepsi Mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi ChatGPT dalam mendukung pembelajaran di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan subjek 10 mahasiswa dan 2 orang dosen di program studi teknologi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu belajar. Mereka mengapresiasi kemampuan aplikasi ini dalam memberikan jawaban yang cepat dan akurat serta membantu dalam memahami materi yang sulit. Namun, beberapa mahasiswa mengungkapkan kekhawatiran mengenai ketergantungan yang berlebihan pada teknologi ini dan potensi pengurangan interaksi mahasiswa dalam proses pembelajaran

References

Alizamar, & Couto, N. (2016). psikologi persepsi & desain. In A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano. Media akademi.

Aljanabi, M., Ghazi, M., Ali, A. H., Abed, S. A., & Gpt, C. (2023). ChatGpt: Open Possibilities. Iraqi Journal for Computer Science and Mathematics, 4(1), 62–64.

Anggit, P. (2023). ChatGPT adalah: pengertian, kelebihan, kekurangan, dan cara menggunakannya. KOINWORK.

Hakim, F. B., Yunita, P. E., Supriyadi, D., Isbaya, I., & Ramly, A. T. (2021). Persepsi, Pengambilan Keputusan, Konsep diri dan Value. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3), 155–165. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.3972

Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Safitri, N. A., Cheriani, C., & Suharman, A. (2025). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI CHATGPT DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEMESTER IV UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BONE . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 30–33. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41085

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.