PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN START-UP DI KALANGAN ALUMNI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42264Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Keberhasilan Start-up, Alumni Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap keberhasilan start-up di kalangan alumni perguruan tinggi. Dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan ekonomi yang pesat, kewirausahaan menjadi kunci penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi diyakini dapat memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memulai dan mengelola start-up. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai penelitian yang relevan dalam 10 tahun terakhir untuk mengeksplorasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan kesuksesan start-up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan memberikan dampak positif terhadap keberhasilan start-up, terutama dalam hal penguasaan keterampilan manajerial, pemasaran, dan perencanaan bisnis. Namun, faktor eksternal seperti akses ke modal, jaringan sosial, dan dukungan kebijakan pemerintah juga memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan start-up. Temuan ini juga menyoroti pentingnya pengalaman praktikal yang terintegrasi dalam kurikulum pendidikan kewirausahaan, yang dapat meningkatkan kesiapan lulusan dalam menghadapi tantangan dunia usaha. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keberhasilan start-up, perguruan tinggi perlu memperkuat program kewirausahaan dengan pendekatan yang lebih berbasis praktik dan mendukung wirausaha muda dengan akses ke sumber daya eksternal.References
Salim, D. (2024a). PENERAPAN METODE PENYUSUTAN MENURUT KETENTUAN PAJAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN DI PT BUANA RANTAI BERKAT ABADI MEDAN. Jurnal Studi Akuntansi Pajak Keuangan, 2(3), 146–151.
Salim, D. (2024b). PROSEDUR PENYELESAIAN KLAIM PADA PT ALLIANZ INDONESIA CABANG MEDAN. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(1).
Sitompul, P. N., Patni, N. L. P. S. S., Munir, S., Kraugusteeliana, K., & Indrianti, M. A. (2024). PENINGKATAN FINANCIAL BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL EXPERIENCE (STUDI PADA PELAKU UMKM DI INDONESIA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).
Sitompul, P. N., Winata, C., Sihite, L., & Ariadi, E. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA AGEN ASURANSI (STUDI PADA PT PANIN DAI-ICHI LIFE–SUKSES AGENCY). Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 3(2), 33–42.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wardana, B. (2024). IMPLEMENTASI METODE WEIGHT PRODUCT UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. PERTAMINA GAS. Journal of Software Engineering and Information System (SEIS), 16–22.
Wardana, B., & Hermanto, H. (2024). Implementasi Microservices di Situs Web Frontend. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JUPTIK), 2(1), 24–27.
Winata, C. (2024a). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Widya Techno Abadi. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 238–246.
Winata, C. (2024b). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk PF di CV. Putera Fajar Medan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2), 766–774.
Kelley, D. J., Bosma, N., & Amorós, J. E. (2017). Global Entrepreneurship Monitor 2017/2018 Global Report. https://www.gemconsortium.org/
Kuratko, D. F. (2016). Entrepreneurship: Theory, Process, Practice (10th ed.). Cengage Learning.
Liñán, F., & Fayolle, A. (2015). A systematic review of the literature on entrepreneurial intentions. International Entrepreneurship and Management Journal, 11(3), 441–463. https://doi.org/10.1007/s11301-015-0277-8
Robinson, P. B., & Stubberud, H. A. (2015). Entrepreneurship and Small Business Management: An Innovative Approach. McGraw-Hill Education.
Sternberg, R. (2016). The role of entrepreneurship education and culture in the success of start-ups. Journal of Small Business Management, 54(4), 1039–1063. https://doi.org/10.1111/jsbm.12231
Van der Zwan, P., Verheul, I., & Thurik, R. (2016). Education and entrepreneurial intentions: The role of background factors. International Small Business Journal, 34(4), 495-515. https://doi.org/10.1177/0266242614564944
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ika Puspa Satrianny, Robin Robin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.