PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN SEBAGAI START-UP EDUKASI UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSSAHAAN MAHASISWA

Authors

  • Rahmawati Patta Universitas Negeri Makassar
  • Romansyah Sahabuddin Universitas Islam Alauddin Makassar
  • Muh. Irfan Universitas Negeri Makassar
  • Jusman Jusman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39633

Keywords:

Kewirausahaan, Laboratorium, Pendidikan, Start-up Edukasi

Abstract

Laboratorium pendidikan di perguruan tinggi memiliki potensi besar untuk berfungsi sebagai pusat inovasi dan pengembangan kewirausahaan mahasiswa. Dengan memanfaatkan laboratorium sebagai start-up edukasi, perguruan tinggi dapat menciptakan ruang yang mendukung kreativitas, kolaborasi, dan eksperimen bisnis yang relevan dengan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran laboratorium sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui program-program yang berorientasi pada praktik bisnis, pengembangan produk, serta pembekalan pengetahuan tentang manajemen dan pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada beberapa laboratorium yang telah sukses melibatkan mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan, serta wawancara dengan pengelola laboratorium dan mahasiswa yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium yang difungsikan sebagai start-up edukasi mampu mempercepat proses belajar kewirausahaan dan memberikan pengalaman praktis yang mendalam bagi mahasiswa, sekaligus memperkenalkan mereka pada dunia bisnis secara langsung. Dengan demikian, laboratorium dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan daya saing mahasiswa di dunia kerja melalui pengembangan keterampilan kewirausahaan yang aplikatif dan berbasis teknologi.

References

Adha, E. dan Permatasari, CL. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomo, dan Ilmu Sosial. Vol 15, No.1. DOI: https://10.19184/jpe.v15i1.21158. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/21158

Andriyati, R., Wardani, DK., dan Setyowibow, S. (2024). Kewirausahaan Berkelanjutan: Evolusi Penelitian dan Impelemntasinya. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol 7, No. 1. DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v7i1.59430. https://ojs.unm.ac.id/JEKPEND/article/view/59430

Batin, M.H., Gustiana, I.S., & Zulfikri. (2022). Peranan Laboratorium Terpadu Dalam Melahirkan Wirausaha Muda Melalui Program Pekan Kewirausahaan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting. Vol 3, No 2, November 2022, Page 247-254 DOI: https://10.47065/arbitrase.v3i2.497.

LATIH. (2024). Startup Latih Tawarkan Pengalaman Belajar Edukatif dan Kreatif Bagi Anak-anak. Universitas Indonesia. https://www.ui.ac.id/startup-latih-tawarkan-pengalaman-belajar-edukatif-dan-kreatif-bagi-anak-anak/

Creducent. (2022). Start Up Creducent: Mengembangkan Permainan Edukasi Anak. Telkom University. https://telkomuniversity.ac.id/start-up-creducent-mengembangkan-permainan-edukasi-anak/

Pusdatin Kemendikbud. (2024). Rumah Belajar: Mimpi Membangkitkan Teknologi untuk Pendidikan Indonesia.

Hadijah, N., & Kamaruddin, S.A. (2024). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Vol 28, No. 4. https://jurnalhost.com/index.php/jekma/article/view/921

Kaharudin, E., & Djohan, H.A. (2022). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Vol 1, No. 3 DOI: https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i3.24. https://ejournal.lapad.id/index.php/jebmak/article/view/24

Downloads

Published

2025-01-05

How to Cite

Patta, R., Sahabuddin, R., Irfan, M., & Jusman, J. (2025). PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN SEBAGAI START-UP EDUKASI UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSSAHAAN MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 470–473. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39633

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.