MENINGKATKAN NILAI KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING DI STKIP PANGERAN ANTASARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42958Keywords:
Pendidikan Karakter, Project-Based Learning, Mahasiswa, STKIP Pangeran AntasariAbstract
Di era milenial, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, kemajuan ini juga menimbulkan tantangan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, yang sering disebut sebagai "dehumanisasi". Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi aspek penting yang harus ditanamkan sejak dini hingga jenjang pendidikan tinggi guna membentuk generasi muda yang berkepribadian sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) di STKIP Pangeran Antasari. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada dosen dan angket kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL dapat meningkatkan nilai-nilai karakter mahasiswa, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama, dan kreativitas. Model ini memberikan pengalaman belajar yang lebih aktif dan berorientasi pada pemecahan masalah, sehingga mahasiswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan penerapan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menegaskan bahwa Project-Based Learning dapat menjadi strategi yang efektif dalam pendidikan karakter mahasiswa, khususnya dalam menghadapi tantangan era digital dan budaya hedonisme. Dengan pendekatan yang tepat, pendidikan karakter dapat berjalan secara sistematis, terencana, dan memberikan dampak positif bagi perkembangan mahasiswa sebagai individu dan anggota masyarakat.References
Faiz,l Aiman,l andl Purwati.l 2022.l “Peranl Gurul Dalaml Pendidikanl Morall Danl Karakter.”l Journall Educationl andl developmentl 10(2):l 315–18.
Fitriani,l Desnita,l andl Diniel Anggraeniel Dewi.l 2021.l “Pembelajaranl Pendidikanl Kewarganegaraanl Dalaml Pengimplementasianl Pendidikanl Karakter.”l Jurnall Kewarganegaraanl 5(2):l 489–99.l doi:10.31316/jk.v5i2.1840.
Fitrianingtyas,l Anjar,l Upikl Elokl Endangl Rasmani,l Sitil Wahyuningsih,l Jumiatmokol Jumiatmoko,l Nurull Shofiatinl Zuhro,l Bambangl Winarji,l andl Novital Ekal Nurjanah.l 2023.l “Mengembangkanl Pendidikanl Karakterl Melaluil Pembelajaranl Berbasisl Proyekl Dil PAUD.”l Jurnall Obsesil :l Jurnall Pendidikanl Anakl Usial Dinil 7(5):l 5675–86.l doi:10.31004/obsesi.v7i5.4970.
Nantaral Didit.l 2022.l “Pembentukanl Karakterl Siswal Melaluil Kegiatanl Dil Sekolahl Danl Peranl Guru.”l Jurnall Pendidikanl Tambusail 6:l 2251–60.l https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267%0Ahttps://jptam.org/indl ex.php/jptam/article/download/3267/2742.
Ramdan,l Ahmadl Yasar,l andl Pujil Yantil Fauziah.l 2019.l “Peranl Orangl Tual Danl Gurul Dalaml Mengembangkanl Nilai-Nilail Karakterl Anakl Usial Sekolahl Dasar.”l Premierel Educanduml :l Jurnall Pendidikanl Dasarl danl Pembelajaranl 9(2):l 100.l doi:10.25273/pe.v9i2.4501.
Sapdi,l Rohmatl Mulyana.l 2023.l “Peranl Gurul Dalaml Membangunl Pendidikanl Karakterl Dil Eral Societyl 5.0.”l Jurnall Basicedul 7(1):l 993–1001.l doi:10.31004/basicedu.v7i1.4730.
Setiawan,l Farid,l Annisal Septareal Hutami,l Diasl Syahrull Riyadi,l Virandral Adhel Arista,l andl Yogal Handisl All Dani.l 2021.l “Kebijakanl Penguatanl Pendidikanl Karakterl Melaluil Pendidikanl Agamal Islam.”l Al-Mudarrisl (Jurnall Ilmiahl Pendidikanl Islam)l 4(1):l 1–22.l doi:10.23971/mdr.v4i1.2809.
Syahl Ranil Maha.l 2023.l “Peranl Pendidikanl Agamal Islaml Dalaml Membentukl Karakterl Siswa.”l Jurnall Penelitianl Ilmul Pendidikanl Indonesial 2(4):l 392–400.l doi:10.31004/jpion.v2i4.176.
Wulandari,l Yeni,l andl Muhammadl Kristiawan.l 2017.l “Strategil Sekolahl Dalaml Penguatanl Pendidikanl Karakterl Bagil Siswal Denganl Memaksimalkanl Peranl Orangl Tua.”l JMKSPl (Jurnall Manajemen,l Kepemimpinan,l danl Supervisil Pendidikan)l 2(2):l 290–303.l doi:10.31851/jmksp.v2i2.1477.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kiki Tristiawanti Simbolon, Jhon Piter, Hotman Padang, Dea Puspita Sari, Yohana Suci Melati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.