PENGARUH PENGALAMAN BERORGANISASI PADA SEKOLAH KEDINASAN TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39334Keywords:
Pengalaman Berorganisasi, Sekolah Kedinasan, Kesiapan Kerja, Kementerian Perhubungan, Soft Skills, Keterampilan Interpersonal Kepemimpinan, Adaptasi dalam Dunia Kerja, Manajemen Waktu, Pengembangan Profesional.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman berorganisasi pada sekolah kedinasan terhadap kesiapan kerja di Kementerian Perhubungan. Dalam konteks sekolah kedinasan, keterlibatan dalam organisasi memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan soft skills, seperti komunikasi, kepemimpinan, manajemen waktu, dan kemampuan berkolaborasi, yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lulusan yang aktif berorganisasi, serta melalui observasi partisipatif untuk mendapatkan gambaran mendalam tentang bagaimana keterampilan yang diperoleh dalam organisasi membantu mereka dalam karir di Kementerian Perhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman berorganisasi memberikan kontribusi signifikan terhadap kesiapan kerja lulusan. Mereka yang aktif berorganisasi cenderung lebih adaptif, percaya diri, dan mampu bekerja di bawah tekanan, yang sangat dihargai di lingkungan kerja pemerintah. Temuan ini mendukung literatur yang menyatakan bahwa keterampilan interpersonal dan soft skills memiliki dampak besar pada keberhasilan di dunia kerja, khususnya di sektor publik. Dengan demikian, pengalaman organisasi di sekolah kedinasan dapat dianggap sebagai faktor penting dalam membentuk tenaga kerja yang kompeten dan siap menghadapi tantangan kerja.References
Lestari, Y., & Purnama, D. (2021). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 123-132. https://journals.ums.ac.id/
Putra, D., & Pratiwi, A. (2018). Pengaruh Pengalaman Organisasi terhadap Soft Skills dan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 61-62.
Khamalia, Novi & Yusuf, Arbaiyah & Zuhroh, Nur & Jannah, Riska. (2023). Pengaruh Pendidikan Soft Skills terhadap Jenjang Karir Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://www.researchgate.net/publication/377226178_Pengaruh_Pendidikan_Soft_Skills_terhadap_Jenjang_Karir_Mahasiswa
Azky, Salsabila & Mulyana, Olievia. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Mahasiswa: Literature Review. Innovative: Journal Of Social Science Research. 4. https://www.researchgate.net/publication/381391479_Faktor-Faktor_Yang_Mempengaruhi_Kesiapan_Kerja_Mahasiswa_Literature_Review
Sugiyono. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN RND. (2013). Penerbit Alfabeta. 346. https://digilib.stekom.ac.id/ebook/view/METODE-PENELITIAN-KUANTITATIF-KUALITATIF-DAN-RND
Facriansyah, A., & Nasir, M. (2022). Analisis Pengaruh Keaktifan Dalam Berorganisasi Terhadap Kesiapan Kerja Dengan Soft Skill Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Manajemen FEB UMS. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102918
Makki, M., Wahyudi, W., & Krisnamurti, A. (2015). Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. https://jurnal.uns.ac.id/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rinosa Ari Widagdo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.