PENGARUH NILAI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI UNIMED ANGKATAN 2021

Authors

  • Sindy Mariani Br Perangin-Angin Universitas Negeri Medan
  • Putri Kemala Dewi Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41966

Keywords:

Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan, Penggunaan E-Commerce, Minat Berwirausaha dan Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Intervening Di Unimed Angkatan 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur dengan aplikasi software SPSS 22 for windows. Adapun hasil dari penelitian ini yakni (1) Kepercayaan diri dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan. (2) Kepercayaan diri dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh penggunaan E-Commerce.  (3) Minat Berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan  . (4) Minat Berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Penggunaan E-Commerce pada mahasiswa (5) Minat Berwirausaha dipengaruhi  secara positif dan signifikan oleh Kepercayaan diri. (6) Minat berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan melalui Kepercayaan Diri. (7) Minat berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Penggunaan E-Commerce melalui Kepercayaan Diri.

References

Agusmiati, Dini & Agus Wahyudin. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal (EEAJ). 7(3). 2502-356.

Anggresta, V., Maya, S., & Septariani, D. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Research and Development Journal of Education, 8(1), 153.

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka.

Bandura. et al. (2020). Dalam Lodi Wishnu Wardani dkk. The Impact Of Enterprenuership

Education And Students Enterpreurial Mindset : The Mediating Rule Of Attitude And

Self-Efficacy.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suherman, Dr. Eman. (2010). Business Entreprenuer. Bandung : Alfabeta. Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Br Perangin-Angin, S. M., & Lubis, P. K. D. (2025). PENGARUH NILAI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI UNIMED ANGKATAN 2021 . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2940–2949. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41966

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)