PENGARUH NILAI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI UNIMED ANGKATAN 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41966Keywords:
Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan, Penggunaan E-Commerce, Minat Berwirausaha dan Kepercayaan DiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Intervening Di Unimed Angkatan 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur dengan aplikasi software SPSS 22 for windows. Adapun hasil dari penelitian ini yakni (1) Kepercayaan diri dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan. (2) Kepercayaan diri dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh penggunaan E-Commerce. (3) Minat Berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan . (4) Minat Berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Penggunaan E-Commerce pada mahasiswa (5) Minat Berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Kepercayaan diri. (6) Minat berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Nilai Mata Kuliah Kewirausahaan melalui Kepercayaan Diri. (7) Minat berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Penggunaan E-Commerce melalui Kepercayaan Diri.References
Agusmiati, Dini & Agus Wahyudin. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal (EEAJ). 7(3). 2502-356.
Anggresta, V., Maya, S., & Septariani, D. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Research and Development Journal of Education, 8(1), 153.
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka.
Bandura. et al. (2020). Dalam Lodi Wishnu Wardani dkk. The Impact Of Enterprenuership
Education And Students Enterpreurial Mindset : The Mediating Rule Of Attitude And
Self-Efficacy.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suherman, Dr. Eman. (2010). Business Entreprenuer. Bandung : Alfabeta. Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sindy Mariani Br Perangin-Angin, Putri Kemala Dewi Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.