MINAT SISWA KELAS VII TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN METODE TACTICAL GAME DI MTS DAARUSSALAAM KUTA

Authors

  • Taufiq Aminnudin Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Alfiah Rizqi Azizah Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43455

Keywords:

Minat Siswa, Pendidikan Jasmani, Metode Tactical Game

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses mendidik seseorang agar menjadi pribadi atau anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematis melalui berbagai aktivitas jasmani untuk memperoleh pertumbuhan jasmani, kesehatan dan kebugaran jasmani, kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan pengembangan watak, serta kepribadian yang harmonis dalam rangka pembentukan manusia Indonesia yang berkualitas berdasarkan Pancasila. Model pembelajaran yang dapat dipilih dan dicoba untuk membangkitkan minat siswa terhadap pelajaran pendidikan jasmani adalah melalui model pembelajaran taktis (permainan taktis). Model pembelajaran taktis merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menggunakan minat, kemampuan bermain dan kemampuan strategiknya untuk mengembangkan prestasinya dalam permainan olahraga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif yang mengkaji tentang Minat Siswa Kelas VII terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan Metode Permainan Taktis yang dilaksanakan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa Kelas VII terhadap pembelajaran pendidikan jasmani dengan metode permainan taktis di MTs Daarussalaam Kuta. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan minat siswa MTs Daarussalaam Kuta terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa minat siswa Kelas VII dalam pembelajaran penjasorkes dengan metode permainan taktis di MTs Daarussalaam Kuta termasuk dalam kategori baik dengan presentase sebesar 79,95% yang mana nilai tersebut berada pada rentang interval antara 61-80.

References

Ade, R., Lutfi, N., Elan, & Gilar, G. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2).

Andriani, R., & Rasto, R. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 80.

Aprianti, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran dan status berat terhadap keterampilan bermain dan kebugaran jasmani. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 213-224.

Ariani Hrp. N., Masruro. Z., Saragih, S.Z., Hasibuan, R., Simamora S.S., & Tono 2022, Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Budiman. 2017. Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Taktis. Jurnal Olahraga Stkip Pasundan.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Janwar, M. 2022. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa Volume. Agustus, 2 (2), 176-180.

Joka S Pangaribuan. 2024. Minat Siswa Terhadap Pembelajran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Kelas 8 SMP Negeri 10 Kota Jambi. Jambi

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. 2020. Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1 (1), 40-48.

Rahmawati, R.K. 2024. Minat Belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suhardianto. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian DalamSepak Bola Melalui Pendekatan Permainan Bolbum Pada Siswa / Siswi Kelas XiEfforts To Improve Learning Outcomes of Inner Foot Passing in Football Through theBolbum Game Approach To Class Xi Stude. 1(1), 1–8.

Wahyudi. 2021. Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMP Islam YLPI Pekanbaru. Pekanbaru.

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. 2020. Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16 (1).

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

Aminnudin, T., & Azizah, A. R. (2025). MINAT SISWA KELAS VII TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN METODE TACTICAL GAME DI MTS DAARUSSALAAM KUTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3289–3296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43455

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.