PENGARUH PERILAKU KONSUMEN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO EONNIE KPOP STORE PALEMBANG

Authors

  • Dwi Wardani Universitas Indo Global Mandiri
  • Meilin Veronica Universitas Indo Global Mandiri
  • Try Wulandari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27374

Keywords:

Perilaku Konsumen, Promosi, Harga, Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Konsumen, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Eonnie Kpop Store Palembang. Sampel penelitian ini berjumlah 100. Pengumpulan data primer menggunakan   kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil hipotesis parsial (uji t) menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keputusan pembelian, dimana nilai thitung 3,905 > ttabel 1,984 dan angka signifikansi 0,001 < 0,05, promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikansi terhadap keputusan pembelian dimana nilai thitung -1,635 < ttabel 1,984 dan angka signifikansi 0,105 > 0,05 dan harga berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keputusan pembelian dimana thitung 2,538 > ttabel 1,984 dan angka signifikansi 0,013 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis simultan (uji F) menunjukkan perilaku konsumen, promosi dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pada Toko Eonnie Kpop Store Palembang. Sedangkan hasil analisa koefisien korelasi yang didapatkan diketahui bahwa variabel perilaku konsumen, promosi dan harga mampu menjelasakan variabel dependen keputusan pembelian sebesar 26,7% dan sisanya 73,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Alvino. (2022). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online).

Arnindita, M., Anik, P., & Andjarwati, L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko online di Surabaya).

Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 15(2), 90–103.

Abubakar, Rusydi, (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Anang Firmansyah, (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.

Barakah, A., Hasan, S., & Bawean, J. (2018). Utilitas Dalam Perilaku Konsumen Persepktif Nilai Keislaman. Jurnal Studi Keislaman, 4(2).

Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman, 4(1), 33–46.

Bob Sabran, 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 1, ed. 13, Jakarta, PT. Erlangga.

Bahri, Syaiful. (2018), Metodologi Penelitian Bisnis-Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. ANDO : Yogyakarta

Dwi Rani, F., Perilaku Konsumen, P., Bina Taruna Gorontalo, U., & Nina Madiawati, P. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Rebranding Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Iconnet Di Bandung.

Donni Junni Priansa (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Edhie Rachmad, Y., Sri Sudiarti, C., La Ode Turi Dewi Endah Fajariana, M., Yudo Kisworo, Mp., Ryan Firdiansyah Suryawan, M., Hendy Tanadi Kusnadi Eka Susilawati, M., Rio Rahmat Yusran, M. S., & Sri Juminawati, Ms. (n.d.). Manajemen Pemasaran Penerbit Cv. Eureka Media Akrasa.

Feriyan, W., Trisna Negara, S., Timur, O., & Selatan, S. (2018). Promosi Dan Pengaruhnya Terhada Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 16(1), 21–27.

Firmansyah, I. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Kota malang. Management and Business Review, 3(2).

Gugum, A. (2020). 718-Article Text-1050-1-10-20200622. Bsinis Dan Pemasaran

Haryanti, N. (2019). Teori Permintaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam Dan Konvesional 1.

Heryanto, I., & Triwibowo, T. (2018). Path Analisis Menggunakan SPSS dan Excel Panduan Pengolahan Data Penelitian Untuk Skripsi/Tesis. Bandung : Informatika.

Kamilia Faiqoh, N., Soedarto, T., Rizkiyah, N., Pertanian, F., Agribisnis, J., & Pembanngunan Nasional Veteran Jawa Timur, U. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Broiler Di Pasar Modern Kota Bekasi. In Gn. Anyar (Issue 1).

Khairunnisa, F., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Melalui E-commerce Shopee Di Indonesai.

Kholik, A., Maulida, S., Dadan Suganda, A., Hanika, I. M., Ismainar, H., Muniarty, P., Marlina, H., Febrianty, Y. A., Merung, H., & Nufus, N. (2020). Perilaku Konsumen (Ruang Lingkup Dan Konsep Dasar).

Kom, S. S., Kom, M., Dinamika, S., Jambi, B., & Id, S. C. (2017). Pemanfaatan Comparison Pricing Model (Model Perbandingan Harga) Pada E-Commerce. In Jurnal Ilmiah Media Processor (Vol. 9, Issue 3).

Kurniawan, M., & Hildayanti, S. K. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2).

Kotler, P dan Keller, K.L.(2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P dan Armstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Selemba Empat. Jakarta.

Manajemen, J., & Bisnis, D. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi (Vol. 3, Issue 1).

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mast Air Haji.

Marlius, D., & Noveliza, K. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Converse Pada Toko Babee.Shopp Padang. Ekoma?: Jurnal Ekonomi, 2(1).

Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8.

Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1079.

Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, LMII Medan, 7(1), 49–64.

Menitulo, G., Paskais, D., & Timotius, D. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 297–308.

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Derivatif?: Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47.

Moha, S., Loindong, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dsn Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. In Moha., Sj. Loindong. Analisis Kualitas Pelayanan… Jurnal EMBA (Vol. 575, Issue 1).

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 1).

Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., Hadibrata, B., Penulis, K., Fajar, :, & Nuryani, T. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). 3(4).

Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). 3(5).

Pura, M. P., & Madiawati, P. N. (2021). The Influence of Promotion Mix and Lifestyle on Purchasing Decisions at Shopee with Consumer Behavior as an Intervening Variable. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 204.

Rozi, I. A. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee.

Rahman, A., Aditia, R., Wadud, M., & Kurniawan, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang (Vol. 1, Issue 1).

Renaningtyas, A. R., Dwi Wahyuni, A., Oktarina, L., Fakultas Ekonomi, M., Bisnis, D., Bhayangkara, U., Raya, J., & Penulis, K. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). 3(5).

Rukmayanti, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217.

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj?: Jurnal Ekonomi.

Sinambela, E. A., & Mardikaningsih, R. (2022). Harga Dan Keberagaman Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Lloyalitas Pelanggan Restoran (Vol. 05, Issue 01).

Sitepu, R., Lilis, D., & Harahap, S. (2022). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Lokasi Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Supermarket Berasatagi RantauPrapat.

Srisusilawati, P. (2017). Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–18.

Syahputra Salim, H., Sumarsan Goh, T., & Errie Margery, dan. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Furnilux Indonesia. 8(1).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, penerbit, Alfabeta, Bandung.

Solomon, M. R., & Rabolt, N. J. (2009). Consumer Behavior In Fashion . Pearson/Prentice Hall.

Sinurat1, R., & Sinurat, J. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Miie Instan Merek Sedap Di Desa Medan ESTATE.

Sitompul, S. S., Chrispin, G., & Hamzah, M. L. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor. INVEST?: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 27–37.

Wati, H. (2017). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Pasien Menggunakan Jasa Layanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Lancang Kuning PekanBaru. In JOM FISIP (Vol. 4, Issue 2).

Wijaya, E., Agilia, )?;, & Dewanti, P. A. (2023). Pemasaran Produk Kembang Tahu Menggunakan Marketing Mix. In Jurnal Dehasen Mengabdi (Vol. 2, Issue 2).

Zafira Iskandar, P., & Amanda Zuliestiana, D. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Album Musik Dan Merchandise Kpop (Studi Pada Penggemar Musik Kpop) (Study on Kpop Music Fans)

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Wardani, D., Veronica, M. ., & Wulandari, T. . (2024). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO EONNIE KPOP STORE PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6437–6447. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27374

Most read articles by the same author(s)