DAMPAK MEDIA SOSIAL, INFLUENCER MARKETING DAN PERIKLANAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIFIKASI GENERASI Z DI INDONESIA: PERAN FOMO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41622Keywords:
Penggunaan Media Sosial, Iklan Online, Paparan terhadap influencer, FOMO, Pembelian Impulsif, Generasi ZAbstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara penggunaan media sosial, paparan iklan daring dan influencer, Fear of Missing Out (FOMO), serta perilaku pembelian impulsif pada Generasi Z di Indonesia, dengan fokus pada peran mediasi FOMO. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei cross-sectional, penelitian melibatkan 100 responden Generasi Z (18-25 tahun) yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dengan skala Likert 5 poin dan dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0 melalui Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan FOMO secara signifikan memediasi hubungan antara iklan daring dan pembelian impulsif, serta antara paparan influencer dan pembelian impulsif. Paparan influencer memiliki efek terkuat pada FOMO, diikuti iklan daring dan penggunaan media sosial. Model penelitian menunjukkan kemampuan prediktif kuat untuk FOMO dan sedang untuk perilaku pembelian impulsif. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi pemasaran digital yang efektif bagi konsumen Generasi Z.References
Bloemen, N., & De Coninck, D. (2020). Social Media and Fear of Missing Out in Adolescents: The Role of Family Characteristics. Social Media and Society, 6(4). https://doi.org/10.1177/2056305120965517
Ezzat, A. A., Din, A. E. El, & Abdelmoaty, H. (2023). FOMO and Conformity Consumption: An Examination of Social Media Use and Advertising Online among Egyptian Millennials. OALib, 10(06).
Ghozali, I., & Latan, H. (2016). Partial Least Square (PLS) Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0. Semarang : Badan Penerbit UNDIP. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Edisi 2 (2nd Ed.). Universitas Diponegoro Semarang, 4(10).
Ghozali Imam (2018). (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan). In Semarang, Universitas Diponegoro.
Kamalia,D., Djajadinata.,M., Gunawan.,F.Gunadi.,W.(2023) The Role of Hedonic Motivation and FOMO on the Impulsivity of e- Commerce Users during COVID-19 Pandemics in Indonesia. (2023). https://doi.org/10.46254/an12.20220851
Ki, C. W. ‘Chloe,’ & Kim, Y. K. (2019). The mechanism by which social media influencers persuade consumers: The role of consumers’ desire to mimic. Psychology and Marketing, 36(10). https://doi.org/10.1002/mar.21244
Kuazaqui, E., & Lisboa, T. C. (2019). Marketing: The Evolution of Digital Marketing. Archives of Business Research, 7(9). https://doi.org/10.14738/abr.79.7027
Tafesse, W., & Wood, B. P. (2021). Followers’ engagement with instagram influencers: The role of influencers’ content and engagement strategy. Journal of Retailing and Consumer Services, 58. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102303
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendrik Gunawan, Maria Rosi Andara, Audisty Prana Hardayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.