DAMPAK MEDIA SOSIAL, INFLUENCER MARKETING DAN PERIKLANAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIFIKASI GENERASI Z DI INDONESIA: PERAN FOMO

Authors

  • Hendrik Gunawan Institut Bisnis dan Ekonomi Indonesia
  • Maria Rosi Andara Institut Bisnis dan Ekonomi Indonesia
  • Audisty Prana Hardayu Institut Bisnis dan Ekonomi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41622

Keywords:

Penggunaan Media Sosial, Iklan Online, Paparan terhadap influencer, FOMO, Pembelian Impulsif, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara penggunaan media sosial, paparan iklan daring dan influencer, Fear of Missing Out (FOMO), serta perilaku pembelian impulsif pada Generasi Z di Indonesia, dengan fokus pada peran mediasi FOMO. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei cross-sectional, penelitian melibatkan 100 responden Generasi Z (18-25 tahun) yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dengan skala Likert 5 poin dan dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0 melalui Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan FOMO secara signifikan memediasi hubungan antara iklan daring dan pembelian impulsif, serta antara paparan influencer dan pembelian impulsif. Paparan influencer memiliki efek terkuat pada FOMO, diikuti iklan daring dan penggunaan media sosial. Model penelitian menunjukkan kemampuan prediktif kuat untuk FOMO dan sedang untuk perilaku pembelian impulsif. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi pemasaran digital yang efektif bagi konsumen Generasi Z.

References

Bloemen, N., & De Coninck, D. (2020). Social Media and Fear of Missing Out in Adolescents: The Role of Family Characteristics. Social Media and Society, 6(4). https://doi.org/10.1177/2056305120965517

Ezzat, A. A., Din, A. E. El, & Abdelmoaty, H. (2023). FOMO and Conformity Consumption: An Examination of Social Media Use and Advertising Online among Egyptian Millennials. OALib, 10(06).

Ghozali, I., & Latan, H. (2016). Partial Least Square (PLS) Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0. Semarang : Badan Penerbit UNDIP. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Edisi 2 (2nd Ed.). Universitas Diponegoro Semarang, 4(10).

Ghozali Imam (2018). (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan). In Semarang, Universitas Diponegoro.

Kamalia,D., Djajadinata.,M., Gunawan.,F.Gunadi.,W.(2023) The Role of Hedonic Motivation and FOMO on the Impulsivity of e- Commerce Users during COVID-19 Pandemics in Indonesia. (2023). https://doi.org/10.46254/an12.20220851

Ki, C. W. ‘Chloe,’ & Kim, Y. K. (2019). The mechanism by which social media influencers persuade consumers: The role of consumers’ desire to mimic. Psychology and Marketing, 36(10). https://doi.org/10.1002/mar.21244

Kuazaqui, E., & Lisboa, T. C. (2019). Marketing: The Evolution of Digital Marketing. Archives of Business Research, 7(9). https://doi.org/10.14738/abr.79.7027

Tafesse, W., & Wood, B. P. (2021). Followers’ engagement with instagram influencers: The role of influencers’ content and engagement strategy. Journal of Retailing and Consumer Services, 58. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102303

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Gunawan, H., Andara, M. R., & Hardayu, A. P. (2025). DAMPAK MEDIA SOSIAL, INFLUENCER MARKETING DAN PERIKLANAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIFIKASI GENERASI Z DI INDONESIA: PERAN FOMO . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 874–880. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41622

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.