PENINGKATAN HARGA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAPENINGKATAN HARGA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • Sweety Valensya Lolong Universitas Soegijapranata Semarang
  • Augustina Sulastri Universitas Katolik Soegijapranata
  • Margaretha Sih Setija Utami Universitas Katolik Soegijapranata

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38704

Keywords:

Harga Diri, Prestasi Belajar, Siswa SMA.

Abstract

Peningkatan harga diri pada siswa merupakan topik penting dalam konteks pendidikan dan pengembangan psikologis. Harga diri merupakan kemampuan seseorang mengenal pemaknaan terhadap diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peningkatan harga diri terhadap prestasi belajar siswa SMA melalui kajian literatur yang ada. Harga diri yang positif diyakini berperan penting dalam mendukung motivasi, kepercayaan diri, dan ketekunan siswa dalam belajar. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji berbagai literatur yang relevan terkait hubungan antara harga diri dan prestasi akademik siswa, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keduanya, seperti pola pengasuhan orang tua, lingkungan sekolah, dan interaksi sosial. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa adanya hubungan antara peningkatan harga diri siswa dengan prestasi belajar siswa SMA. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa siswa dengan harga diri yang tinggi cenderung memiliki motivasi intrinsik yang lebih besar, lebih termotivasi dalam menghadapi tantangan akademik, serta lebih percaya diri dalam mengekspresikan kemampuan mereka. Sebaliknya, rendahnya harga diri dapat menyebabkan rasa ragu diri yang menghambat pencapaian akademik dan menurunkan kualitas pembelajaran.

References

Barragán Martín, A. B., Pérez-Fuentes, M. D. C., Molero Jurado, M. D. M., Martos Martínez, A., Simón Márquez, M. D. M., Sisto, M., & Gázquez Linares, J. J. (2021). Emotional intelligence and academic engagement in adolescents: The mediating role of self-esteem. Psychology Research and Behavior Management, 14, 307–316. https://doi.org/10.2147/PRBM.S302697

Budiasningrum, R. S., Utami, R. J., Mahendika, D., Vanchapo, A. R., & Pranajaya, T. V. S. A. (2020). Meningkatkan self-esteem siswa melalui pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik self-instruction. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 59–67.

Indriana, Y., & Fadhlurrohman, M. D. (2024). Hubungan antara harga diri dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa SMA. Jurnal Psikologi Perseptual, 9(1), 128–145. https://doi.org/10.24176/perseptual.v9i1.10771

Istiqomah, N., & Alwi, M. A. (2022). Self-esteem dan subjective well-being pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(2), 21–32.

Purwanty, S., Agustriyani, F., Ardinata, A., Palupi, R., & Mukhlis, H. (2023). Hubungan pola asuh orang tua dengan self-esteem pada remaja di SMA Negeri 2 Gading Rejo. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 51–56. https://doi.org/10.35912/jahidik.v3i1.2288

Rahayu, E. N. (2024). Hubungan self esteem dengan kecenderungan narsistik pada pengguna media sosial di SMA Negeri 51 Jakarta. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(2), 01–06. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.367

Rosani, W., Fatimah, S., & Supriatna, E. (2021). Studi deskriptif self-esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Margaasih. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(5), 330. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.8074

Syahfira, L. L., Muwakhidah, M., Juniar, Z., & Rahmawati, T. (2023). Pengaruh self-esteem terhadap prestasi belajar siswa SMA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 443–449. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p443-449

Sinaga, S., Banjarnahor, D. N., & Saragih, S. (2023). Pengaruh kemandirian belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 1189-1195.

Tus, J. (2020). Self-concept, self-esteem, self-efficacy and academic performance of the senior high school students. https://doi.org/10.6084/M9.FIGSHARE.13174991.V1

Yunita, R., & Sarajar, D. K. (2024). Meningkatkan prestasi belajar melalui perspektif self-esteem: Rahasia keberhasilan siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(3), 326. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i3.15457

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Lolong, S. V., Sulastri, A., & Utami, M. S. S. (2025). PENINGKATAN HARGA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAPENINGKATAN HARGA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1996–2004. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38704

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.