PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN DALAM MEMEDIASI KEPERCAYAAN DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE THE ORIGINOTE DI TIKTOK LIVE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43462Keywords:
Keterlibatan Konsumen, Kepercayaan, Potongan Harga, Keputusan Pembelian, Tiktok LiveAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perilaku keterlibatan konsumen dalam memediasi pengaruh kepercayaan konsumen dan potongan harga terhadap keputusan pembelian dalam live streaming TikTok untuk produk skincare The Originote. TikTok sebagai platform digital telah menjadi sarana utama e-commerce, khususnya untuk promosi produk kecantikan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melibatkan 139 responden yang berpartisipasi dalam sesi live streaming. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen dan potongan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, perilaku keterlibatan konsumen terbukti menjadi mediator yang memperkuat hubungan tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis pada literatur pemasaran digital serta wawasan praktis bagi pemasar untuk mengoptimalkan strategi promosi di platform live streaming.References
Hair, J., Hurlt, G. T. M., Ringler, C., & Sarsterdt, M. (2022). A Primerr on Partial Lerast Squrarers Strurcturral Erquration Moderling (PLS-SErM).
Hollebeek, L. D., Urbonavicius, S., Sigurdsson, V., Arvola, R., & Clark, M. K. (2023). Customer Journey Value: A Conceptual Framework. Journal of Creating Value, 9(1), 8–26. https://doi.org/10.1177/23949643231157155
Martínez-López, F.J., Li, Y., Feng, C., & Esteban-Millat, I. (2020). Purchasing through Social Platforms with Buy Buttons: A Basic Hierarchical Sequence. Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce, 30(1), 1–21. https://doi.org/10.1080/10919392.2020.1713698
Moussa, S. (2021). Contamination by citations: references to predatory journals in the peer-reviewed marketing literature. South Asian Journal of Marketing, 2(1), 5–27. https://doi.org/10.1108/sajm-02-2021-0021
Retnosari, M. C. (2024). The Role of Customer Engagement as Mediation and Deal Proneness as Moderation. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(4), 1121–1130. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i4.2705
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.52851/wt.v1i1.5
Sofia, S., Pala’biran, J., Wijiastuti, R. D., & Jamil, A. (2024). Pengaruh Keunikan Produk dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Coffee. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54371/jms.v3i1.300
Solomon, M. R. (2023). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (13th ed.). Pearson.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Albina Purnama Sari, Nurul Sriminarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.