PEMODELAN FAKTOR - FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE MENGGUNAKAN MODEL PROBIT DAN LOGIT

Authors

  • Jernita Lo Risma Br Tambun Saribu Universitas Palangka Raya
  • Dicka Chandra Pandiangan Universitas Palangka Raya
  • Yolantrin Teresha Oxanovena Universitas Palangka Raya
  • Tia Wandriani Universitas Palangka Raya
  • Daniel Manalu Universitas Palangka Raya
  • Friady Friady Universitas Palangka Raya
  • Anisa Putri Universitas Palangka Raya
  • Dicky Perwira Ompusunggu Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41521

Keywords:

E-commerce, Model Probit, Model Logit, Keputusan Pembelian Online, Perilaku Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk secara online menggunakan model Probit dan Logit. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan sampel sebanyak 53 responden yang dipilih melalui metode stratified random sampling. Variabel yang diteliti meliputi persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan online, kualitas informasi produk, persepsi risiko, harga kompetitif, kualitas layanan, dan fitur keamanan transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (92.5%) berada pada rentang usia 17-25 tahun dengan dominasi responden perempuan (58.5%). Analisis deskriptif mengungkapkan bahwa 70% responden menyatakan kemudahan penggunaan platform e-commerce menjadi faktor penting, 44% responden menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap belanja online, dan 46.8% responden menilai kualitas informasi produk sebagai faktor yang signifikan. Perbandingan model Probit dan Logit menunjukkan konsistensi hasil dengan perbedaan minor dalam goodness of fit dan signifikansi variabel. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pemasaran digital dan pemahaman perilaku konsumen dalam konteks e-commerce.

References

Abdullah. "Model Perilaku Pembelian Online Melalui Market Place Bukalapak." Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 2019.

Aulia, G. (2023). "Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee." Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary.

"Faktor-faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online di Bukalapak pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha." 2022.

"Faktor- Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online di Bukalapak." Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2022.

Faktor Penting yang Mempengaruhi Keputusan Belanja Online!" Fazz.com.

Gujarati, D.N., & Porter, D.C. (2009). Basic Econometrics. McGraw-Hill.

Khresnaldi, Fajar. "MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE." Universitas Islam Sultan Agung, 2018.

"Model Keputusan Pembelian Online Pasca Pandemi Covid-19 melalui Digital Marketing." 2023.

Nasution, A.E., & Pratami, L.P. (2019). "Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Online." Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nasution, A.E., & Pratami, L.P. (2019). "Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Online." Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Simamora, J.T.M., Muslim, F., & Arief, H.A. (2024). "Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Online Shop Pada Mahasiswa." Universitas Jambi.

Wardoyo, W., & Andini, I. (2020). "Faktor- Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Mahasiswa Universitas Gunadarma." Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Wicaksono, Bagas Rifki. "PENGARUIT KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN." Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Saribu, J. L. R. B. T., Pandiangan, D. C., Oxanovena, Y. T., Wandriani, T., Manalu, D., Friady, F., … Ompusunggu, D. P. (2025). PEMODELAN FAKTOR - FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE MENGGUNAKAN MODEL PROBIT DAN LOGIT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1207–1214. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41521

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)