BUDAYA KONSUMEN (ANALISIS DAN PENGARUHNYA DALAM KONTEKS MODERN)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41617Keywords:
Budaya, Konsumen, ModernAbstract
Perkembangan media sosial telah mengubah pola komunikasi dan interaksi manusia secara signifikan. Sebelum era modern, interaksi dilakukan secara langsung melalui tatap muka. Namun, dalam era digital saat ini, komunikasi dapat berlangsung tanpa tatap muka dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya terhadap strategi pemasaran dalam transaksi jual beli online melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, yang menghasilkan data deskriptif berupa interpretasi dari sumber tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi pasar berperan penting dalam persaingan bisnis, sementara kelas sosial, budaya, dan subkultur secara signifikan memengaruhi perilaku konsumen dalam proses pembelian. Perilaku konsumsi di platform media sosial terlihat dari kebiasaan pengguna yang sering menonton siaran langsung dan video pendek yang berisi ulasan produk dari para pembeli. Banyak orang yang menganggap bahwa berbelanja secara daring lebih praktis dan hemat waktu. Mereka juga cenderung lebih percaya terhadap kualitas produk karena iklan yang ditampilkan memberikan kesan seolah-olah mereka melihat barang tersebut secara langsung. Kebiasaan ini mendorong terciptanya budaya konsumen yang berkembang di dunia maya.References
Eliana Saadah, Uung Runalan Soedarmo, W.S. (2024) ‘Nilai-nilai kearifan lokal tradisi nyiramkeun pusaka di museum talagamanggung - majalengka’, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(3), pp. 539–550.
Fadli, M.R. (2021) ‘Memahami desain metode penelitian kualitatif’, Jurnal Humanika, 21(1), pp. 33–54. Available at: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Gunawan Aji et al. (2023) ‘Pengaruh Budaya Terhadap Penerapan Strategi Pemasaran Internasional’, Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 2(2), pp. 159–169. Available at: https://doi.org/10.55606/jempper.v2i2.1427.
Masruroh, N. (2022) ‘Media Sosial Dalam Lanskap Masyarakat Industri Dan Kaitannya Dengan Budaya Populer’, Publiciana, 15(1), pp. 28–37. Available at: https://doi.org/10.36563/p.
Maulana, Z.A., Budiyono, A. and Info, A. (2024) ‘Kajian Komunikasi dalam Sudut Pandang Studi Fenomenologi : Literatur Review Communication Studies from the Point of View of Phenomenological Studies : Literature Review’, 13(2).
Nisifa Prila Anisa, Nona Ratu Syifa Putri and Mohamad Zein Saleh (2023) ‘Pengaruh Peran Budaya Masyarakat Lokal Terhadap Pemasaran Global’, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(4), pp. 323–335. Available at: https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i4. 1419.
Octaviana, R. (2020) ‘Konsumerisme Masyarakat Modern dalam Kajian Herbert Marcuse’, Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), pp. 121–133. Available at: https://doi.org/ 10.15575/jaqfi.v5i1.6267.
Rohmah, F.T. et al. (2024) ‘Pengaruh Gaya Hidup dan Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Remaja’, Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), pp. 1199–1210. Available at: https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/619.
Rosmiati, R. (2022) ‘Dari Video Ke Toko: Budaya Konsumen Melalui Media Sosial Tiktok Shop’, Saskara: Indonesian Journal of Society Studies, 2(2), pp. 1–16.
Soemarsono, A.A.W. et al. (2024) ‘Budaya Konsumerisme Pekerja Kafe di Wilayah Jember Kota’, AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), pp. 347–361. Available at: https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.773.
Sulistianti, R.A. and Sugiarta, N. (2022) ‘Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok)’, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1), pp. 3456–3466. Available at: https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1. 2861.
Syahputri, A.D., Harahap, I. and Harahap, M.I. (2023) ‘Analisa Pola Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Khaf (Studi Kasus Mahasiswi Se-Kota Medan)’, SYARIKAT: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), pp. 258–270.
Utamanyu, R.A. and Darmastuti, R. (2022) ‘Budaya Belanja Online Generasi Z dan Generasi Milenial di Jawa Tengah (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME)’, Jurnal Scriptura, 12(1), pp. 58–71. Available at: https://doi.org/10.9744/ scriptura.12.1.58-71.
Yudha, E.P., Kurniawan, A. and Hermawan, M.F. (2023) ‘Daya Tarik Konsumen terhadap Pasar Modern versus Pasar Tradisional’, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agibisnis VII, 7(1), pp. 118–124. Available at: https://jurnal.unigal.ac.id/prosiding/ article/view/11490.
Yulianti, P. et al. (2023) ‘Analisis Knowledge Management Menggunakan Model Big Data di Media Sosial UMKM’, Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 13(1), pp. 24–39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rita Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.