PENGARUH MARKETING EFFECT DAN MODERNITAS INDIVIDU TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 DAN 2018 UNIVERSITAS JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42886Keywords:
Marketing, Modernitas, KonsumtifAbstract
Penelitian ini diambil dengan adanya masalah terkait perilaku konsumtif pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 dan 2018 Universitas Jambi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada mahasiswa pendidikan ekonomi, diketahui banyak mahasiswa yang berperilaku konsumtif yang tidak terkontrol dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Adapun yang mempengaruhi perilaku konsumtif tersebut yaitu marketing effect dan modernitas individu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian expo facto. Populasi pada penelitian ini mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 dan 2018 dengan jumlah seluruhnya sebanyak 142 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling menggunakan rumus slovin yang didapat sebanyak 105 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedasditas, Uji simultan (t), Uji parsial (f), dan Koefisien Determinasi Simultan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan marketing effect terhadap perilaku konsumtif diperoleh nilai thitung 3,936 >ttabel 1,65993 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif diperoleh nilai thitung 6,743 >ttabel 1,65993. (3) Terdapat pengaruh secara simultan marketing effect dan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 36,819> Ftabel 3,09 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,419 yang berarti bahwa perilaku konsumtif dipengaruhi oleh marketing effect dan modernitas individu 41,9% dan sisanya 58,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini Maka dapat disimpulkan bahwa marketing effect dan modernitas individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dan 2018 Universitas Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa dapat lebih bijak dalam mengkonsumsi barang dan jasa secara berlebihan atau berperilaku konsumtif agar terhindar dari marketing effect dan modernitas individu yang tidak terkontrol.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta
Alma, Buchari. 2015. Pengantar Bisnis.
Bandung: CV. Alfabeta
Fenno, Brooks. 1992. Strategi Bisnis: Penunjang Pertumbuhan Usaha Anda. Semarang: Effhar & Dahara Prize
Gujarati, D.N. 2006. Dasar-dasar Ekonometrika jilid 1. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Issakh, Henki Idris dan Mimi. 2014. Teori Bisnis: Untuk Perusahaan Modern Edisi 2. Jakarta: Penerbit In Media.
Kotler, Philip dan Kevin L Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin L Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Khairinal. 2016. Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis & Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia.
Khairinal. 2017. Pengantar Bisnis: Dari Barter ke Bisnis Online. Jambi: Salim Media Indonesia.
Manullang, M. 2008. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Manullang, M. 2013. Pengantar Bisnis. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Nilasari, Irma dan Wiludjeng, Sri. 2017. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Prawirosentono, Suyadi. 2007. Pengantar Bisnis Modern: Studi Kasus Indonesia dan Analisis Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pyndck, Robert S dan Rubinfeld Daniel L. 2014. Mikroekonomi Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga.
Schiffman, Leon dan Kanuk, Lazer Leslie. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.
Sinambela, L.P. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sunyoto, Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen: Teori, Kuesioner, Alat, Dan Analisis Data. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Sukirno, Sadono. 2013. Pengantar Bisnis Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana.
Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen; Implikasi pada Stategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Agusti, Ivo Selvia dan Gultom, Nining Dewanti. 2018. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. p-ISSN: 2301-7775, e- ISSN: 2579-8014.
Dikria, Okky dan Mintarti, Sri Umi. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Economic Education Program, Faculty of Economics, State University Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.09. No.2, 2016.
Effendi, Mohammad Riki, Wahyuni, Sri, dan Zulianto, Mukhamad. 2018. Pengaruh facebook Sebagai Social Media Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 12
Nomor 1 (2018) DOI: 10.19184/jpe.v12i1.7591.
Jumantini, Entin. 2018. Pengaruh Modernitas Individu dan Lingkungan Sosial Terhadap Gaya Hidup Pada Siswa SMK Bisnis dan Manajemen Terakreditasi A Di Kota Bandung. Jurnal Equilibrium Vol.15, Januari – Juni 2018.
Kumalasari, Dewi dan Soesilo, Yohannes Hadi. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Economic Education program, Faculty of Economics, State University Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.12, No.1, 2019, p- ISSN: 0216-7085 e-ISNN: 2579-
3780.
Marganingsih, Anna dan Pelipa, Emilia Dewiwati. 2019. Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia. JURKAMI Volume 4, no. 1, 2019.
Miranda, Sofia. 2017. Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 4 No. 1.
Oktafikasari, Eva dan Mahmud, Amir. 2017. Konformitas Hedonis dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia. p-ISSN 2252- 6544 e-ISSN 2502-356X.
Pariwang, Samsul. 2018. Modernitas dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa UNISMUH Makassar. Pendidikan Sosiologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Risnawati, Mintarti, Sri Umi dan Wardoyo, Cipto. 2018. Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Pendidikan Ekonomi-Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, Vol.3, No.4, Bln April, Thn 2018.
Rosana, Ellya. 2011. Modernisasi dan Perubahan Sosial. Prodi Pemikiran Politik Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal TAPIs Vol.7 No.12 Januari-Juli 2011.
Suminar, Eva dan Meiyuntari, Tatik. 2015. Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Mei 2015, Vol.4, No.02.
Triyaningsih, SL. 2011. Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol.11, No.2, Oktober 2011.
Wahyudi. 2013. Tinjauan Tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Samarinda Central Plaza. Mahasiswa Program S1 Konsentrasi Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Ejurnal Sosiologi, Volume 1, Nomor 4, 2013.
Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto. Disampaikan Pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan Di fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Resa Nurul Ilmi, Rosmiati Rosmiati, Iwan Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.