VALIDITAS MODUL AJAR PADA MATERI SISTEM GERAK MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS KESADARAN KONGNITIF DI SMA NEGERI 2 GORONTALO

Authors

  • Raflin H. Taib Universitas Negeri Gorontalo
  • Frida Maryati Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Margaretha Solang Universitas Negeri Gorontalo
  • Mustamin Ibrahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Elya Nusantari Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44518

Keywords:

Validitas, Modul Ajar, Kesadaran Kognitif

Abstract

Perkembangan teknologi dalam pendidikan abad ke-21 mengharuskan adanya perubahan pendekatan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikasi (4C). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas modul ajar pada materi sistem gerak menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis kesadaran kognitif di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi produk dilakukan oleh tiga validator: dua ahli dan satu praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memperoleh skor validitas 80% dari Validator Ahli I, 84% dari Validator Ahli II, dan 81% dari Validator Praktisi, yang termasuk kategori "valid" hingga "sangat valid". Modul ini terbukti efektif meningkatkan kesadaran kognitif siswa dan mendukung pembelajaran yang mandiri serta berorientasi pada keterampilan abad ke-21.

References

Anwar, Moh Farid Nurul, Ruminiati, Suharjo. 2017. Pengembanagn Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbais Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Sub Tema Lingkungan tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 10: 1291-1297. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10059/4793.

Fitri Ainil, Efriyanti Rizal, & Silmi Rifka. 2023. Pengembangan Modul Ajar Digital Informatika Jaringan Komputer Dan Internet Menggunakan Canva Di Sman 1 Harau. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)

Haka, N. B. (2020). Pengembangan komik manga biologi berbasis android untuk peserta didik kelas XI di tingkat SMA/MA. Journal Of Biology Education

Husain, Ilyas., Utina, Ramli., Nusantary, Elya. (2019). Pengembangan Buku Ajar Ekologi Dengan Memanfaatkan Hasil Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Sebagai Penyerap Karbon. Jurnal Jambura Edu Biosfer. 1(1).

Livingston,J.(1997). Metacognition: An OverviewState. http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/ Metacog.htm

Maruni, M., Latjompoh, M., & Yusuf, F.M (2022). Uji Validitas Perangkat Pembelsavinemajaran Model Keterpaduan Tipe Connected Berorientasi Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Menunjukkan Kemampuan Berpikir Peserta Didik. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 86-93

Nasution, A. G. J. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif.

Palupi, D. A. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78-90.

Prayogi, S., Muhali, Yuliyanti, S., Asy’ari, M., Azmi, I., & Verawati, N. N. S. P. (2019). The effect of presenting anomalous data on improving student’s critical thinking ability. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(6), 133-137.

Rahmayanti, P. R., Wati, M., & Mastuang. (2017). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Somatic, Auditory, Visual, and Intellegent (SAVI) untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Fisika, 4(3), 192-200.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Taib, R. H., Yusuf, F. M., Solang, M., Ibrahim, M., & Nusantari, E. (2025). VALIDITAS MODUL AJAR PADA MATERI SISTEM GERAK MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS KESADARAN KONGNITIF DI SMA NEGERI 2 GORONTALO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4233–4239. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44518

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>