PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Authors

  • Nurnaningsih Bobihu Universitas Negeri Gorontalo
  • Masra Latjompoh Universitas Negeri Gorontalo
  • Margaretha Solang Universitas Negeri Gorontalo
  • Djuna Lamondo Universitas Negeri Gorontalo
  • Muh. Nur Akba Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41104

Keywords:

E-Modul, Discovery Learning, Sistem Peredaran Darah Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan menjelaskan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelompok kecil setelah menggunakan e-modul berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang dimodifikasi dari Sugiyono (2018). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Uji coba dilakukan pada 15 peserta didik kelas XI 4 SMA Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian menemukan (1) Uji validitas berdasarkan presentase validasi isi/materi memperoleh presentase 86,15% (Sangat Valid) dan validasi konstruk memperoleh presentase 92,36% (Sangat Valid) (2) Uji kepraktisan berdasarkan kriteria presentase aktivitas peserta didik memperoleh presentase 81,94% (Sangat Baik), keterlaksanaan bembelajaran sebesar 90,8% (Sangat Baik), dan presentase respon peserta didik sebesar 92,45% (Sangat Baik). (3) Hasil belajar kognitif peserta didik pada kelompok kecil memperoleh presentase klasikal sebesar 80% dan berdasarkan hasil analisis skor N-Gain kelompok kecil bernilai 0,71 (Efektif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah manusia memenuhi kriteria valid, kriteria praktis dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelompok kecil pada materi sistem peredaran darah manusia dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Telaga.

References

Agung, I. D. G., Suardana, I. N., dan Rapi, N. K. 2021. E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 120–133.

Amelia., dan Zainil, Melva. 2023. Pengembangan Modul Digital Berbasis Aplikasi Flip PDF Professional Materi Pengukuran Panjang dan Berat di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies. 6(1), e-ISSN: 2656-6702.

Artika, L. 2019. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Solving pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas X SMA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Awwalina, N. M., dan Indana, S. 2022. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis QR Code untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA pada Materi Ekosistem. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 712–721.

Dewi, Tasya Tesea., Arthur, Riyan., Murtinugraha, R Eka. 2023. Manfaat dan Tantangan Pengembangan E-Modul pada Pendidikan Kejuruan: Sebuah Kajian Literatur. Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan dan Teknik Sipil (E-Journal), volume 1.

Dita, I. D., Tuririday, H. T., Damopolii, Insar., dan Latjompoh, Masra. 2023. Designing the human circulatory system e-module to increase student achievement. Biology Education Journal, 3(2): 75–84.

Fitria, Rahayu., dan Dewi, Asih Fitriana. 2024. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sistem Sirkulasi. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. p-ISSN: 2716-151X, e-ISSN: 2722-869X.

Hakim, A. R., Ramdani, A., dan Setiadi, D. 2020. Bahan Ajar Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 482–487.

Haloho, Elysha Jefirayani. 2024. Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Menggunakan Software Exe-Learning Pada Materi Fungsi Kelas X SMA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(2). ISSN: 2579-6550 (online), 2528-4363 (print).

Hastiningrum, D. 2020. Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Discovery Learning Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(3), 202–213.

Ibrahim, M. Andre., Latjompoh, Masra., Abdul, Ariyati., Ibrahim, Mustamin., Solang, Margaretha., Akbar, M. Nur. 2023. Practicality of E-Modules Based on Problem-Based Learning (PBL) Learning Model on Digestive System Material. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 9(3): 615–624. p-ISSN: 2442-9481, e-ISSN: 2685-7332.

Khasanah, I., dan Nurmawati, I. 2021. Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education. Vol. 2 (1), 34–44

Lidi, Maria Waldetrudis. 2018. Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia. Vol. IX (1), 15–26.

Mursali, S. 2015. Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia,1(3), 307–314.

Nazara, Ainal Wazni., Halang, Bunda., dan Rezeki, Amalia. 2022. Respon Siswa Terhadap Modul Elektronik Subkonsep Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). Vol. 6 (2), e-ISSN: 2656-6753, p-ISSN: 2598-9944.

Nisak, N. Z., Saptasari, M., Duran Corebima, A., Zakiyatin, N., dan Pendidikan Biologi, N. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis SQ4R sebagai Bahan Belajar untuk Siswa SMA.

Nurhidayah, N., Firdaus, F., Amaliah, N., dan Atirah, N. 2021. Pengembangan E-Modul Berbantuan QR Code pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI MIA. SAINTIFIK, 7(2), 105–111.

Permatasari, E. A. 2018. Pengembangan E-modul Berbasis Adobe Flash pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Pembelajaran Biologi di SMA [Development of Adobe Flash-Based E-modules on the subject of Reproductive Systems for Biology Learning in Senior High Schools].Thesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Jember.

Ramdayani, S., Taufiq, A. U., Patiung, D., dan Hasanah, U. 2021. Pengembangan Handout Berbasis Potensi Lokal Materi Ekosistem Kelas X SMAN 14 Jeneponto. Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi,3(3), 68–79.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rojikin, M., Zainur Rasyid, R., dan Supeno, S. 2022. Development of E-Modules to Improve Scientific Explanation Ability of Students in Science Learning on Digestive System Materials. SEJ (Science Education Journal). 6(1): 1–21.

Romayanti, C., Sundaryono, A. dan Handayani, D. 2020. Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. Vol. 4(1), 51–58.

Subkhi, N., Ratnasari, A., dan Hamidah, I. 2020. Eksplorasi Limbah Lokal Indramayu Sebagai Bahan Baku Alat Peraga Media Analog dan Efektivitasnya Terhadap Hasil Belajar Biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(1), 31–43.

Suryani, S., dan Saparuddin. 2022. Efektivitas Penggunaan E-Modul dalam Meningkatkan Kemampuan Collaborative Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas 10 SMAN 9 Makassar. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 91–98.

Warjo, J., Soetisna, U., dan Muis, A. 2019. Implikasi Gaya Berpikir dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Media Informasi dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 6(1), 14–19.

Yadi, Heri Febri., Neviyarni., dan Nirwana, Herman. 2023. Discovery Learning Sebagai Teori Belajar Populer Lanjutan. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2). e ISSN 2961-9130.

Yazid, K., Susantini, E., dan Fitrihidajati, H. 2016. Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 390–396.

Zukmadini, A. Y., Murniati, N., Karyadi, B., Ansori, I., dan Rochman, S. 2022. Pengembangan E-Modul Terintegrasi Informasi COVID-19 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. J. Pedagogi Hayati, 6(1), 20–33.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Bobihu, N., Latjompoh, M., Solang, M., Lamondo, D., & Akba, M. N. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 175–184. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41104

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)