PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMA 1 TIBAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41098Keywords:
Validitas Tes Keterampilan Berpikir Kreatif, Peserta Didik, ADDIE, Development.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem koordinasi Di SMA Negeri 1 Tibawa. Penelitian ini menggunakan metode Research & Developmen (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, tahapan atau prosedur pada penelitian meliputi lima tahap, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Metode dan model ini dipilih karena bertujuan untuk menghasilkan produk berupa tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik ahli materi berada di angka 3.13 masuk diketgori valid, validitas ahli soal berada di angka 3,82 masuk dikategori sangat valid, dan validitas ahli tes berada di angka 3,38 masuk dikategori sangat valid. Nilai rata-rata hasil analisis tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik berada diangka 3,83 masuk dikategori sangat valid. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan tes keterampilan berpikir kreatif menggunakan model ADDIE dapat meningkatkan validitas dan efektivitas pengukuran kemampuan kreativitas peserta didik.References
Adeliyanti, S., Hobri, H., & Suharto, S. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. KadikmA, 9(1), 123-130.
Agustina, P., Saputra, A., Khotimah, E. K., Rohmahsari, D., & Sulistyanti, N. (2019). Evaluasi pelaksanaan praktikum biologi di SMA Negeri di Klaten pada ditinjau dari kualitas laboratorium, pengelolaan, dan pelaksanaan praktikum. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 105-110.
Andriyati Mardiyah, A. (2022). Implementasi Aplikasi Quizizz Sebagai AlternativeMedia.Print),5(1),165–174. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/article/view/1913
AP Mahardika., et al (2023) dengan judul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Karakter Mandiri dan Kreatif Siswa”
Campbell, et al. 2020. Biologi Edisi Delapan Jilid 3. Jakarta : Erlangga. Campbell.
Eva, N. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Emosional Quotient Dalam Pemecahan MAsalah Matematika Berdasarkan Teori Wallas Di Jurnal Basicedu, 7(3), 1704–1715.
Handiarsa, A., Nugroho, S., & Prawirohartono, E. P. P. (2016). Apakah Hipertensi Arteri Pulmonal Merupakan Faktor Risiko Malnutrisi pada Penyakit Jantung Bawaan Asianotik dengan Pirau Kiri ke Kanan. Sari Pediatri, 18(1), 12-16.
Hikmatillah, N., & Aris, M. A. (2021). Determinan Struktur Modal Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hoiroh, A. M. M., & Isnawati, I. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9 (2), 292–301.
Iskandar, A., Rizal, M., Kurniasih, N., Sutiksno, D. U., & Purnomo, A. (2018, November). Efek dari pembelajaran multimedia pada prestasi siswa dalam hal hasil tes kognitif. Dalam Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1114, p. 012019). Penerbitan IOP.
Leona, M. PATOFISIOLOGI KELAINAN SYSTEM ENDOKRIN DAN ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN JUVENILE DIABETES.
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 8(2), 402-409.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016, February). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 672-688).
Maunino, G. Z. T., & Tacoh, Y. T. (2023) yang berjudul “ Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mata Pelajaran Informatika Di SMA Kristen 1 Salatiga”
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 13(1).
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Riyadi, I. P. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.
Rohman, R. S., Ermawati, E., Farlina, Y., & Syabaniah, R. N. (2018). Rancang Bangun Web E-Learning untuk Pengelolaan Mata Pelajaran Tik Pada Smpit Adzkia Sukabumi. Swabumi, 6(1), 85-90.
Saputri, W. D., Rachayuni, & Widiyatmoko, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz pada Materi Gerak dan Gaya di Kelas VII C SMP Negeri 21 Semarang. Seminar Nasional IPA XIII, 749–757.
Situmeang, N., & Sulindawaty, S. (2019). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Saraf Pusat Manusia Dengan Metode Certainty Factor. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 4(1), 35-48.
Singgih, S. A., & FKUI, P. D. I. F. (2003). Sistem SarafSebagai Sistem Pengendali Tubuh. Jakarta: Departemen Ilmu Faal FKUI.
Weller, R et al. 2015. Natural New Particle Formation at the Coastal Antarctic Site Neumayer. Atmospheric Chemistry and Physics, 15(19), 11399- 11410. Electrospun Water-Soluble Carboxyethyl Chitosan/Poly (Vinyl Alcohol)
Zubaidah, S., & UM, J. (2017, May). Pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. In Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan tema Inovasi Pembelajaran Berbasis pemecahan Mas alah dalam Pembelajaran Biologi di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar (Vol. 6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Sukmo Fajar Thaib, Lilan Dama, Mustamin Ibrahim, Abubakar Sidik Katili, Djuna Lamondo, Muh Nur Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.