PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAPA

Authors

  • Rahmat Bansaga Universitas Negeri Gorontalo
  • Lilan Dama Universitas Negeri Gorontalo
  • Mustamin Ibrahim Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36168

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Interaktif, Sistem Ekskresi

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa kelas XI 1, ditemukan banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM 75 pada pembelajaran biologi khususnya materi sistem ekskresi. Penyebab utama  adalah  kurangnya pemahaman siswa terhadap materi sistem ekskresi karena pembelajaran hanya berfokus pada guru dengan metode ceramah yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pre-experimental (One Group Pretest-Posttest). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan  instrumen tes yang diolah dengan bantuan software SPSS25. Hasil tes awal berupa pretest memperoleh nilai sebesar 91,94 dan hasil tes akhir berupa posttest memperoleh nilai sebesar 79,17. Hasil pengolahan data menggunakan uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji N-gain memperoleh nilai sebesar 0.6822 yang termasuk dalam kriteria sedang.

References

Affandi, A., & Ekohariadi, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Smk Negeri 2 Surabaya Di Era Pandemi. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 638-645.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. 14(1), 15—20.

Nurul, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Prastowo, Andi. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta :Prenada Media Group.

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.

Santoso, Singgih. Statistis Nonparametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. (Jakarta: PT Alex Kompiutindo, 2010).

Yasa, K. A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 14, No 2, 199—209.

Yudianto, A. (2017). “Penerapan Video sebagai Media Pembelajaran”. Seminar Nasional Pendidikan, 234-237.

Downloads

Published

2024-10-19

How to Cite

Bansaga, R. ., Dama, L. ., & Ibrahim, M. . (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAPA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14998–15002. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36168