VALIDASI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN BERBASIS MICROSITE

Authors

  • Agil Salihun Universitas Negeri Gorontalo
  • Masra Latjompoh Universitas Negeri Gorontalo
  • Febriyanti Febriyanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Frida Maryati Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Jusna Ahmad Universitas Negeri Gorontalo
  • Muh Nur Akbar Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37740

Keywords:

Microsite, Media belajar, Klasifikasi Tumbuhan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi media pemebelajaran pada materi klasifikasi tumbuhan berbasi Microsite. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi media pembelajaran berbasis Microsite. Aspek yang diamati dalam validasi ini berupa aspek media dan aspek materi. Berdasarkan hasil validasi oleh validator media mendapatkan nilai 92% dikategorikan sangat valid. Sedangkan dari hasil validasi oleh validator materi mendapatkan nilai 93,7% dikategorikan sangat valid. Media pembelajaran materi klasifikasi tumbuhan berbasis Microsite layak digunakan dalam proses pembelajaran dikelas X SMA.

References

Afkarina, N. I., & Sentyasto, N. (2024). Media Web Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA, Kelas IV. Progres Pendidikan. 5(1), 101-112.

Amir J, Nesnslianti, Shafariana. (2020). Keterbacaan Teks Artikel dan Editorial Buku Siswa SMA/SMK/MAK Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII (Kajian Grafik Fry dan Roygor). Unika Atma Jaya.

Annisa, A. R, Putra A. P, Dharmono (2020). Kepratisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Swao Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.Vol.11.No.1.

Atsani, K, (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Studi Islam, vol.1,no 1, hal 82-93

Budiyono (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Era Revolusi Jurnal kependidikan 6(2), 300-309.

Budiyono (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0 Seminar & Conference Proceedings 1-6.

Hasanuddin, & Muliadi, (2014). Botani Tumbuhan Rendah. Syiah Kuaa University Press.

Hidayati, L. (2022). Penggunaan Qr Code dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi digital berwawasan lingkungan. Jurnal Mutu Pendidikan, 19(2), 73-77.

Indriyani, (2022). Biologi Materi Klasifikasi Tumbuhan Pada Kelas X SMA Negeri 4 Muaro Jambi. BIODIK, 8(2), 62-72.

Irwan, D, & Viratama, I, P. (2024). Pemanfaatan Situs S.id Untuk Pembelajaran Biologi. Sindoro Cendekia Pendidikan 4(12). 51-60.

Istiani, (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post pada materi klasifikasi makhluk hidup. Journal of Biology Education, 4(1).

Karyono, (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Pembelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha Perjalanan Wisata. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 652-663.

Kurniawan, D., & Aristoteles, A. (2015). Pengembangan aplikasi sistem pembelajaran klasifikasi (taksonomi) dan tata nama ilmiah (Binomial Nomenklatur) pada Kingdom Plantae (Tumbuhan) Berbasis Android. Jurnal Komputasi, 3(2).

Kustandi C, (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di sekolah dan Masarakat. Prenanda media.

Nurcahya, A., & Hadijah, H., S (2020). Pemberian penguatan (Reinforcemen) dan kreatifitas mengajar, guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen, 5(1), 83-96.

Purboningsi, (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Kordinasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Putri, H. M., Yelianti, U., & Aina, M. (2022). Pengembangan media biosong untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas x sma pada materi sistem klasifikasi tumbuhan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(1), 21-36.

Rahmanto, (2019). Platform Microsite?: Konvergensi Media Publikasi Kementerian di era Literasi Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 46-56.

Redhana, I, W. (2019). Mengembakan keterampilan Abat ke-21. Dalam pembelajran. Jurnal Inovasi Pendidikan 13(1).

Riastuti, R, D, Febrianti, (2021). Pengembangan bahan ajar morfologi Tumbuhan Berbasis Lingkungan di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal pro-lite, 2021,

Riduwan. (2018) Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta : Alfabeta.

Rosdiana, R., Nuryamin, N. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Hasil Belajar Peserta Didik Pada MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1), 112-126.

Sugiyono, (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung CV Alfabeta.

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan Sebagai Faktor Penentu Dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229— 234.

Wulandari, Y (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. 3(2), 162-172.

Yazid, K, (2016). Validasi Buku Saku Materi Ekologi Untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal BioEdu. Vol 5(3). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2024-11-17

How to Cite

Salihun, A. ., Latjompoh, M. ., Febriyanti, F., Yusuf, F. M. ., Ahmad, J. ., & Akbar, M. N. . (2024). VALIDASI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN BERBASIS MICROSITE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16521–16527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37740