VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INQUIRY PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MAN 1 POHUWATO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41101Keywords:
Pengembangan, LKPD, Inquiry, Fotosintesis, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inquiry pada materi fotosintesis. Subjek uji coba pada penelitian ini melibatkan 15 peserta didik kelas XII IPA MAN 1 Pohuwato Tahun Pelajaran 2023/2024. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang dibatasi hanya sampai pada tahap Development dengan uji coba skala terbatas. Validasi dilakukan oleh tiga validator, yaitu validator isi, validator konstruk dan validasi soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inquiry layak digunakan. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli (isi) dengan kategori valid, validasi ahli (konstruk) kategori sangat valid, dan validasi soal termasuk dalam kategori valid. Berdasarkan uraian seluruh nilai presentase validasi dan uji coba membuktikan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) Berbasis Inquiry Pada Materi Fotosintesis Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Di MAN 1 Pohuwato telah dikembangkan dan memenuhi kriteria valid.References
Apriyani, R. (2019). Model Pengembangan ADDIE dalam Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 7(1), 45-58.
Fikri, A., et al. (2015). Pendidikan dan Perubahan Kurikulum di Indonesia. Jakarta: Kencana
Husain , I., Utina, R., Nusantary, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Ekologi dengan Memanfaatkan Hasil Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Sebagai Penyerap Karbon. Jurnal Jambura Edu Biosfer. 1(1).
Jowita, A. (2017). Peran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-130.
Komariyah, N., Rahmadhani, R., & Yulia, S. (2018).
Kemendikbud. (2017). Panduan Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Maruni, M., Latjompoh, M., & Yusuf, F.M. (2022). Uji Validitas Perangkat Pembelajaran Model Keterpaduan Tipe Connected Berorientasi Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Menunjukan Kemampuan Berpikir Peserta Didik. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 86-93.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Radhifah, & Lufri (2024). Meta-Analisis: Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PJBL). Jurnal Biology Science & Education, 13(2)
Rizki, A. (2018). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran: Strategi dan Implementasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 201-210.
Romansyah, R. (2016). Validitas Bahan Ajar dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2),123-130
Selian, dkk. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PJBL untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1)
Tampubolon R. (2017). Penerapan Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran. JLEB Journal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melisa Pakaya, Frida Maryati Yusuf, Zuliyanto Zakaria, Jusna Ahmad, Novri Y. Kandowangko, Nur Mustaqimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.