VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 PULUBALA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41094Keywords:
Pengembangan, LKPD Digital, Bioteknologi, Project Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital berbasis Project Based Learning pada materi Bioteknologi ini tergolong dalam penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan uji coba terbatas pada 25 Peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Pulubala. Hasil penelitian menunjukan bahwa Validasi materi mendapatkan nilai 82% (Valid), validasi media mendaptkan nilai 86% (Sangat Valid) dan validasi praktisi mendapatkan nilai 93% (Sangat Valid).References
Andi Prastowo, Pengembangan Bahan Ajar Tematik, (Jakarta: Prenada media Group), h.268-269.
Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1),–78. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/346
Desmiwati, Riti, Ratnawulan, dan Yulkifli, Validitas LKPD Fisika SMA Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Teknologi Digital, Vol.1, No.1, 2017, http://www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article26135464/ 364/article.pd.
Dwi Zaroh Fajrianti, “Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Jurnal Pendidikan IPA”, Vol. 02, No. 02.
Geacelyn, G., Anwar, Y., & Slamet, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Project Based Learning Materi Ekosistem Kelas X SMA. https://repository.unsri.ac.id/52099/
Fahrezi, Iszur., Taufiq, Mohammad., Akhwani dan Nafia'ah. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 3 No. 3, 2020
Faudah, L. F. (2021). Pengembangan Lkpd Elektronik ( E- Lkpd ) Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Bermuatan Etnosains
Fitriyah, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik berbasis Project Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X.
Hardiyanti, P.C. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Hidrolisis dan Penyanga untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis dan Interpersonal Peserta Didik. Pascasarjana UNNES.
Hidayati, H., Zaini, M., & Kaspul. (2020). Effectiveness of Worksheets of Biology Students of High School Based on Critical Thinking Skills in Virus Concept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 41-4
HUKO, R. A. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Pada Materi Jamur Di SMA Kelas X. 11(1), 26–30. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/431413015/pengembangan-lembar-kerja-peserta-didik-lkpd-berbasis-project-based-learning-pada-materi-jamur-di-sma-kelas-x.html
Ismail Sukrin, Yusuf Frida Maryati, Ahmad Jusna., (2020). Validitas Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jambura Edu Biosfer Journa. Vol. 2, No.1, 22-29
Kusumaningrum Sih, Djukri, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Aktivitas, No. 1, 2016, h.4. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021).Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan KajianSosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nugroho, T. A., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Journal Bioterdidik, 7(3), 50–58.
Nurina, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Virus. Skripsi. Banjarmasin: Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA Universitas Lambung Mangkurat
Prasetyo, D. B., Biologi, P., Matematika, F., Alam, P., Surabaya, U. N., Biologi, P., Matematika, F., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2023). WIRAUSAHA PESERTA DIDIK KELAS X SMA The Validity of Waste Recycle Electronic Student Worksheet Based On Ecopreneurship To Train Entrepreneurial Skills Of 10 th Grade Senior High School Students Sunu Kuntjoro Abstrak. 12(2), 473–483.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Rahayu. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis”. Journal on Education, 1(2), 271-278.
Tohiroh, N. A., Isnawati, & Dewi, S. K. (2020). Keefektifan LKPD Bioteknologi Konvensional Berbasis Ecopreneurship Untuk Melatihkan Berpikir Kreatif dan Inovatif Siswa. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1). https://doi.org/http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Wahyuni, Siregar, & Salwa. (2021). Penerapan E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Natural Sciences, 2(2). https://doi.org/doi.org/https://doi.org/10.34007/jonas.v2i2.9 9
Yazid, K., Susantini, E., & Fitrihidajati, H. (2016). Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 390–396.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lilis U. Ismail, Frida Maryati Yusuf, Yuliana Retnowati, Ani M. Hasan, Hartono Mamu, Muh. Nur Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.