PENGEMBANGAN BOOK OF MARKER MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA BERBANTUAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DI KELAS XI SMA NEGERI 4 GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36718Keywords:
Pengembangan, Book of Marker Berbantuan Teknologi AR, Sistem Ekskresi Pada Manusia.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Model penelitian ini mengacu pada model Plomp 2013 yang terdiri dari 3 fase yaitu: tahapan penelitian awal (Preliminary research), tahap perancangan (Prototyping phase), tahap Penilaian (Assesment Phase). dengan uji coba pada 20 peserta didik di kelas XI IPA4 SMA Negeri 4 Gorontalo. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji validitas Book of Marker berbantuan teknologi AR memperoleh nilai 88,32% (Sangat Layak), dan Uji validitas materi memperoleh nilai 95,83% (Sangat Layak), (2) Uji kepraktisan respon respon peserta didik dan guru. Respon peserta didik memperoleh nilai 92,25% (Praktis) dan respon guru memperoleh nilai 92,5% (Praktis). Berdasarkan uraian seluruh nilai persentase validasi dan uji coba membuktikan bahwa ; Pengembangan Book of Marker Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Berbantuan Teknologi Augmented Reality (AR) di Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo yang telah dikembangkan dan memenuhi kriteria valid, dan praktisReferences
Annisa, S., Efriyanti, L., Zakir, S., & Supriadi, S. (2022). Rancangan Media Pembelajaran Biologi Kelas XI Berbasis Augmented Reality di MAN 2 Agam. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 957–962. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.198
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam pemanfaatan teknologi digital pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.1170
Azhar, B., Aisyah, S., Panjaitan, J. D. A., (2023). Pengembangan Augmented Reality Tingkat Pendidikan dan Training sebagai Media Pembelajaran Pengenalan dalam Membuat Film. … Multimedia, 1(1), 29–34. http://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/jbpmm/article/view/35%0Ahttps://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/jbpmm/article/download/35/15
Bakri, F., Oktaviani Marsal, & Muliyati, D. (2019). Textbooks Equipped with Augmented Reality Technology for Physics Topic in High-School. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 113–122. https://doi.org/10.21009/1.05206
Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). The Effect of Mat Joyo Application on Students’ Understanding of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 9(1), 12–22. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v9i1.19523
Kaharuddin, K., Pernando, Y., Marfuah, M., & Musliadi, K. H. (2023). Aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran sistem rangka manusia. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1168-1175. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3685
Latifah, A., Mulyani, A., & Aulia, F. N. (2022). Perancangan Alat Panca Indera Manusia untuk Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Algoritma, 19(2), 630–638. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1177
Legiawan, M. K., & Agustina, D. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sistem Eksresi Manusia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android (Studi Kasus Ma Tanwiriyyah Cianjur). Media Jurnal Informatika, 13(1), 17-25.https:// DOI:10.35194/mji.v13i1.1488
Muhammad Rusli, Dadang Hermawan dan Ni Nyoman Supuwiningsih. 2017. Multimedia Pembelajaran Yang Inovatif Prinsip Dasar Dan Pengembangan. Denpasar: Andi.
Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Audible Books Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Literasi Untuk Peserta didik Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5355
Panjaitan, R.G.P., Titin, & Wahyuni, E.S. 2021. Kelayakan booklet inventarisasi tumbuhan berkhasiat obat sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1):11–21. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.17966.
Prabowo, E., & Wakhudin, W. (2024). Pengembangan Media Augmenteded Reality (AR) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD Negeri 3 Linggasari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 591–604. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.552
Pradana, R. W. (2020). Penggunaan augmented reality pada sekolah menengah atas di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 97-115. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2857
Praditya, D. (2022). Pemakaian Bahasa Non Verbal Guru dan Peserta Didik di Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.318
Sutjipto, Cecep Kustandi dan Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual Dan Digital. kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vicha Pebrianti Badia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.