PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI SMAN 2 GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39342Keywords:
Problem Based Learning, HOTS, Berpikir Kritis, Sistem Pertahanana TubuhAbstract
Berpikir kritis yakni keterampilan berpikir secara reflektif dalam memutuskan sesuatu untuk dipercaya maupun dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan Problem Based Learning berbasis HOTS pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian yang dilakukan adalah Pendekatan Kuantitatif. Dengan jenis penelitian Pre-eksperimental, dengan desain “One Group Pretest-Posttest Desigen”. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu sampel diberi Pretest (tes awal) dan pada saat sesudah diberi perlakuan kemudian diberikan Posttest (tes akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil dari tes nilai rata-rata peserta didik adalah 43,25 dapat dilihat nilai dari tes awal (Pretest) peserta didik cukup rendah. Sedangkan untuk nilai dari hasil Posttest sesudah diberikan perlakuan, degan nilai rata-rata siswa adalah 80,00. Dari hasil perhitungan uji N-Gain skor, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain skor dengan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu sebesar 63,71% termasuk dalam kategori sedang. Dengan nilai N-Gain skor minimal 33,33% dan nilai maksimal 76,92%. penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning bisa digunakan untuk merangsang berpikir sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa khususnya dalam materi sistem pertahanan tubuh.References
Suprihatiningrum, Jamil. (2020). Strategi pembelajran : Teori & Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.)
Nabillah, Nana. 2020. Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving.
Fajrianthi, Wiwin Hendriani, and Berlian Gressy Septarini. (2016). “Pengembangan Tes Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Item Response Theory. “Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(1): 45-55.
Ennis, R.H. (2013). The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Dispositions and Abilities (Online).
Zubaidah, S. (2019). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Seminar 2nd Science Education National Conference Di Universitas Trunojoyo, (October 2018), 1–18.
Styron. R. 2014. “Critical Thinking and Collaboration: A Strategy to Enhance Student Learning”. Systemics, Cybernetics and Informatics, 12 (07), 24-30.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL)?: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69.
Surya, Y. F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1, No 1, Mei 2017, Hal 38-53
Wiseman, A. M., & Hunt, G. H. (2018). Best practice in motivation and management in the classroom. Springfield: Charles C Thomas.
Ariyana, Y. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Ketermpilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktor Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kusainun, N., Kidul, S., & Dasar, S. (2019). Relevansi Materi Pokok Matematika Pada Tema 1 Kelas I Sd Dengan Hots ( Higher Order Thinking Skills ). 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desi Taliki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.