PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMA

Authors

  • Delvita Septianingsi Hilimi Universitas Negeri Gorontalo
  • Margaretha Solang Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Mustaqimah Universitas Negeri Gorontalo
  • Djuna Lamondo Universitas Negeri Gorontalo
  • Lilan Dama Universitas Negeri Gorontalo
  • Jusna Ahmad Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41093

Keywords:

E-Modul, Inquiry Learning, Sistem Saraf, Keterampilan Proses Sain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan mengetahui keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan E-Modul Berbasis Inquiry Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Saraf Kelas XI SMA. Subjek uji coba pada penelitian ini melibatkan 20 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tilango Tahun Pelajaran 2023/2024. E-Modul yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang dibatasi hanya sampai pada tahap Development dengan uji coba skala terbatas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Validasi media memperoleh nilai 95% (Sangat Valid), dan validasi materi memperoleh nilai 86% (Sangat Valid). (2) Uji Kepraktisan Terdiri Keterlaksanaan Pembelajaran memperoleh nilai 90% (Sangat Baik), respon peserta didik memperoleh nilai 93% (Sangat Praktis), dan respon guru memperoleh nilai 96% (sangat praktis). (3) Penilaian keterampilan proses sains memperoleh nilai 85% (Sangat Baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Inquiry Learning dapat digunakan disekolah SMA Negeri 1 Tilango.

References

Apriyani, Rafi‟ah Dwi. (2019). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Terintegrasi Keislaman pada Materi Pencemaran Kelas VII MTs Darul Amin Palangka Raya. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya.

Djafar, N., Ahmad, J., & Latjompoh, M. (2022). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 200. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6348

Dwijono, Widha, S. & Sugiyarto. (2013). Jurnal Inkuiri 2(2), 124-133.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kadir, Abdul. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Sets Pada Siswa MTSI Kendari. E-Journal. Lainkendari.Ac.Id.

Leonora, Johana Intan, (2021). ‘Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Indra Untuk Kelas XI SMA Trisakti Medan’, 12–16

Mustaqimah, N., Dama, L., Usman, N. F., Akbar, M. N., & Nurrijal, N. (2023). Pengembangan Media Flashcard Dengan Panduan Belajar Sambil Bermain Menggunakan Microsite Untuk Pembelajaran Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Khazanah Pendidikan, 17(1), 376. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.17159

Maruni, M., Latjompoh, M., & Yusuf, F. M. (2022). Uji Validitas Perangkat Pembelajaran Model Keterpaduan Tipe Connected Berorientasi Studi Kasus Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Menunjukan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 86–93.

Putri, I. T., Aminoto, T., & Pujaningsih, F. B. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Teori Kinetik Gas. EduFisika, 5(01), 52–62. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i01.7725

Rohmatullah., D., & Slamin. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Investigasi Berbantuan E-Learning Dengan Aplikasi Moodle Pada Subpokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 4 (2).

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI.

Verdinandus Lelu Ngono, & Taufik Hidayat, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 628–638. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093

Wulandari, Y. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049

Yazid, Khairul. 2016. Validitas Buku Saku Materi Ekologi Untuk Siswa Kelas X Sma. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 5(3). Hal. 3

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Hilimi, D. S., Solang, M., Mustaqimah, N., Lamondo, D., Dama, L., & Ahmad, J. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 106–116. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41093

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)