STRATEGI PEMBELAJARAN EMPIRIK (EXPERIENTAL LEARNING)

Authors

  • Rivaldo Sirait Rivaldo Sirait PTKKN Kementerian Agama RI
  • Nela K. Sianturi PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53533

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Empirik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran empirik (experiential learning) sebagai pendekatan pembelajaran yang menekankan pengalaman langsung, refleksi, dan penerapan konsep dalam situasi nyata. Melalui pembelajaran berbasis pengalaman, peserta didik diharapkan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam, aktif, dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, yaitu melalui pengumpulan dan analisis berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan strategi pembelajaran empirik. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran empirik mencakup lima tahapan utama, yaitu perencanaan pengalaman belajar, pelaksanaan aktivitas berbasis pengalaman, refleksi terarah, penerapan konsep dalam konteks nyata, serta evaluasi proses pembelajaran. Setiap tahap saling mendukung untuk membangun pengalaman belajar yang utuh dan efektif. Keseluruhan strategi ini mampu meningkatkan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik serta relevan dalam pengembangan kompetensi abad ke-21.

References

Ghufron, Anik. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Pengalaman” 3 (2007): 4.

Gumilar, Nugraha. Pembelajaran Eksploratif. PT KIMHSAFI ALUNG CIPTA, 2025.

Joni, T Raka. “Pembelajaran Yang Mendidik: Artikulasi Konseptual, Terapan Kontekstual, Dan Verifikasi Empirik.” Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 12, no. 2 (2005): 107261.

Jufri, A P, Wahyu Kurniati Asri, Misnah Mannahali, and Ananta Vidya. Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, Dan Metode Yang Efektif. Yogyakarta: Ananta Vidya, 2023.

Kolb, David A. “The Process of Experiential Learning.” In Culture and Processes of Adult Learning, 138–156. Routledge, 2013.

Majdi, Muhamad, and Faizal Amir. Empirical Teaching Dalam Pendidikan Islam. Bandung: Penerbit Widina, 2025.

Ni’mah, Alfiatin, Mita Putri Laksono, Muhammad Amaruddin Asy Syarif, Safinayul A Yun, Siti Miftakhul Jannah, Tomy Afandi, Virnada Saniata Lailal Chusna, and Wiwik Idayati. “Refleksi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka: Adaptasi Dan Implementasi Untuk Penguatan Pendidikan.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2025): 24–35.

Ningsih, Titik Widiyah, Ali Nuke Affandy, and R Panji Hermoyo. “Transformasi Metode Karyawisata: Dari Observasi Ke Refleksi Dalam Pembelajaran Modern.” Jurnal Pendidikan Madrasah 9, no. 2 (2024): 269–274.

Niv, Yael, and P Read Montague. “Theoretical and Empirical Studies of Learning.” In Neuroeconomics, 331–351. Elsevier, 2009.

Rahmah, Arief Aulia, and Cut Eva Nasryah. “Evaluasi Pembelajaran.” Evaluasi Pembelajaran (2019).

Siswanto, Budi Tri, Kokom Komariah Wagiran, and Siti Hamidah. “Standar Kompetensi Dan Perumusan Tujuan Pembelajaran.” J. Pendidik (2013): 1–26.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sulaiman, Sulaiman, Okma Yendri, Lalu Suhirman, Shulthon Rachmandhani, Charlie Baka, Chairunnisa Djayadin, Aisyah Ali, et al. Metode & Model Pembelajaran Abad 21: Teori, Implementasi Dan Perkembangannya. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia, 2024.

Zubaidah, Siti. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.” In Seminar Nasional Pendidikan, 2:Hal 10, 2016.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Rivaldo Sirait, R. S., & Sianturi, N. K. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN EMPIRIK (EXPERIENTAL LEARNING). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8355–8361. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53533

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.