PERAN MEDIA MASSA DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK DAN MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PEMERINTAH YANG TIDAK PRO-RAKYAT STUDI KASUS : ( PEMBERITAAN FENOMENA #KABURAJADULU DAN DAMPAKNYA TERHADAP TUNTUTAN PERUBAHAN SOSIAL-EKONOMI DI FAKULTAS EKONOMI KELAS B PENDIDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN T.A 2024 )

Authors

  • Salsabila Frisa Maulida Universitas Negeri Medan
  • Parlaungan Gabriel Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Novridah Reanti Purba Universitas Negeri Medan
  • Alza Ayunda Universitas Negeri Medan
  • Deny Tri Ramadhandy Universitas Negeri Medan
  • Chrislyn Novyanti Universitas Negeri Medan
  • Tasya Dwitama Universitas Negeri Medan
  • Widya Anggraini Lumban Tobing Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46093

Keywords:

Media Massa, Opini Publik, Framing, #kaburajadulu, Dan Kebijakan Publik

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran media massa dalam membentuk opini publik melalui fenomena tagar #kaburajadulu yang mencerminkan keresahan generasi muda terhadap kondisi sosial-ekonomi di Indonesia. Dengan menggunakan teori framing Robert N. Entman, penelitian ini menganalisis bagaimana media daring membingkai isu tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi media sosial serta pemberitaan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media massa dan media sosial berperan aktif dalam membentuk kesadaran bersama generasi muda terhadap berbagai isu seperti ketimpangan ketenagakerjaan, pemotongan anggaran pendidikan, serta ketidakadilan dalam sistem sosial. Melalui tagar #kaburajadulu, opini publik terbentuk secara luas dan menjadi bentuk perbandingan perlawanan terhadap kebijakan pemerintah yang dianggap tidak pro-rakyat. Media membingkai isu ini dengan beragam narasi, mulai dari sindiran hingga laporan nyata, yang kemudian memperkuat tekanan terhadap pembuat kebijakan. Selain itu, hasil wawancara dengan 5 orang mahasiswa dan dokumentasi digital membuktikan bahwa media menjadi ruang publik baru yang efektif dalam menyuarakan aspirasi rakyat. Penelitian ini menegaskan pentingnya literasi media serta perlunya kebijakan publik yang lebih responsif terhadap suara generasi muda.

References

Apriliani, A. D. (2022). Peran Media Massa dalam Membentuk Opini Publik dalam Konteks Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Transpormatif (Jupetra, 1(2), 156–164. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/325

Aridho, A., Situmeang, T. A., Tinambunan, D. R., Ramadhani, K. N., Lase, M. W., & Ivanna, J. (2024). Peran Media Massa Dalam Membentuk Opini Publik: Demokratisasi Pasca-Reformasi. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 206–210. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1693

Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1450–1455. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462

Ariyanto, D. (2021). Opini Publik dan Media Massa dalam Masyarakat Demokratis. Jakarta: Rajawali Pers.

BUKU - TEORI DAN ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK.pdf. (n.d.).

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik (Terj. A. Haryani). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. Junral Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715–1718.

Efendi, R., Suryani, L., & Putri, A. (2023). Teori Agenda Setting dalam Media Massa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 189–200. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5045

Entman, R. M. (1993). Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm. Journal of Communication, 43(4), 51–58. (Dikutip dalam buku Eriyanto, 2012)

Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Joyce, M. (2010). Digital Activism Decoded: The New Mechanics of Change. New York: International Debate Education Association. (Dikutip dan dijelaskan dalam kerangka teori aktivisme digital)

Kurniati, I. D., Setiawan, R., Rohmani, A., Lahdji, A., Tajally, A., Ratnaningrum, K., Basuki, R., Reviewer, S., & Wahab, Z. (2015). Buku Ajar.

McCombs, M., & Shaw, D. L. (1972). The Agenda-Setting Function of Mass Media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176–187. (Dikutip dalam Efendi et al., 2023)

Muzakkir, A. (2018). Media Massa dan Representasi Realitas Sosial: Sebuah Pendekatan Framing. Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 101–113.

Muzakkir, M. (2018). Analisis Framing Dalam Pemberitaan Media. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 183–196. https://doi.org/10.35308/source.v3i2.649

Nurhayati, E. S., & Laksmi, L. (2023). Analisis Framing Model Entman pada Pemberitaan Kebocoran Data Aplikasi Pedulilindungi oleh Media Online. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(4), 573–590. https://doi.org/10.14710/anuva.7.4.573-590

Pan, Z., & Kosicki, G. M. (1993). Framing Analysis: An Approach to News Discourse. (Dikutip dalam Eriyanto, 2012)

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2).

Pramungkas, P. R. (2020). Peran Humas Pembentuk Opini Publik Dalam Upaya Pencitraan Lembaga Pendidikan. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i1.1411

Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.

Pratiwi, F. S. (2024). Peran Komunikasi Digital dalam Pembentukan Opini Publik : Studi Kasus Media Sosial. 293–315.

Qadri, M. (2020). Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik. Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(1), 49–63. https://doi.org/10.24239/qaumiyyah.v1i1.4

Rahmawati, R., Wibowo, B. Y., & Musahwi, M. (2018). Spiral of silence theory dalam Pemilihan Kepala Daerah. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 4(1), 13. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v4i1.4819

Suharyo. (2021). Kajian Bahasa dengan Pendekatan Analisis Framing. www.tigamedia.id

Supriadi, D. (2017). Relevansi Konsep Ruang Publik Jurgen Habermas di Era Media Sosial. Jurnal Filsafat, 27(2), 147–160.

Supriadi, Y. (2017). Relasi Ruang Publik Dan Pers Menurut Habermas. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.12228

Yanto, F. I. (2021). Pembentukan Opini Publik Pada Media Massa: Program Satu Milyar Satu Kelurahan Di Kecamatan Singaran Pati Panorama Kota Bengkulu. Seminar Ilmu-Ilmu Sosial : Communication Series 3, 27–34. file:///C:/Users/HP/Downloads/4.+Yanto,+Fera+Indasari.pdf

Yanto, S. (2021). Opini Publik dalam Perspektif Komunikasi Politik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Maulida, S. F., Siahaan, P. G., Purba, N. R., Ayunda, A., Ramadhandy, D. T., Novyanti, C., … Tobing , W. A. L. (2025). PERAN MEDIA MASSA DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK DAN MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PEMERINTAH YANG TIDAK PRO-RAKYAT STUDI KASUS : ( PEMBERITAAN FENOMENA #KABURAJADULU DAN DAMPAKNYA TERHADAP TUNTUTAN PERUBAHAN SOSIAL-EKONOMI DI FAKULTAS EKONOMI KELAS B PENDIDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN T.A 2024 ). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5198–5210. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46093

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>