PENGAPLIKASIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR (STUDI SDN 010053 SEI KAMAH II)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42146Keywords:
Sistem Informasi Manajemen, Mutu, Belajar, MengajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengulas lebih dalam mengenai bagaimana pengaplikasian sistem informasi manajemen terutama dalam proses belajar mengajar dengan siswa/siswi di SDN 010053 Sei Kamah II. Sehingga dapat memeberikan manfaat berupa memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai peran dan manfaat SIM di sekolah, dan bermanfaat dalam memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui penerapan teknologi informasi dan sistem manajemen yang lebih baik. Banyak guru senior di sekolah SDN 010053 yang tidak memilii kemampuan bahkan tidak memahami tentang SIM sehingga menyebabkan para guru masih menggunakan cara yang lama dalam belajar di kelas dan membuat siswa menjadi cepat bosan atau jenuh. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Kepala Sekolah di sekolah tersebut, juga dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 1 orang, yaitu Kepala Sekolah SDN 010053 Sei Kamah II. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SDN 010053 Sei kamah II yang berjumlah 8 orang dan 3 tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam meningkatkan mutu proses belajar mengajar dinilai lemah, karena sebagian besar guru yang mengajar di sekolah SDN 010053 Sei Kamah II kurang ahli bahkan tidak bisa dalam menggunakan teknologi komputer atau laptop. 2) Dalam peningkatan mutu proses belajar mengajar di SDN 010053 Sei Kamah II dengan mengaplikasikan SIM masih belum optimal dilakukan sesuai dengan tahapan manajemen pendidikan. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran guru akan pentingnya penggunaan SIM di sekolah. 3) Pernah menerapkan SIM dengan adanya suatu website yang berhubungan tentang sekolah, tetapi sekarang ini tidak digunakan lagi dikarenakan tidak adanya kemampuan dan pengetahuan para sebagian guru tentang SIMReferences
Agustiandra, V., & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akademik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 1-8.
Ajie, M. D. (1996). Pengertian Sistem Informasi Manajemen.
Cahyani, S. R. ( 2014). SKRIPSI MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYKARTA. Yogyakarta.
Dewi, A. P., & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Di Sekolah Dasar Negeri 08 Batang Anai. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 125-130.
Hakiki, M., Fadli, R., Putra, Y. I., & Pertiwi, I. P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sekolah Sma Negeri 1 Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 50-57.
Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 124-134.
Krowin, M. M. (2017). Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa. LEGALITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 1(1), 32-40.
Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Smk Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 61-68.
Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408-1422.
Marini, L. M. (2019). PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.
Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340-345.
Paduppai, A. M., Hardyanto, W., Hermanto, A., & Yusuf, A. (2019). Pengembangan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu layanan pendidikan dan android di era revolusi digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 84-89).
Purwaningsih, Y. (2022). Implementasi sistem informasi manajemen pendidikan (SIMDIK) dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Borobudur Educational Review, 2(2), 68-76.
Putri, C. P., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2023). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran dan Strategi Penilaian Kinerja dalam Pendidikan. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 71-77.
Sinen, R. (2017). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 21 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Susanto, H. M., Mantja, W., Bafadal, I., & Sonhadji, A. (2015). Pengembangan SIM Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dailami Dailami, Sri Rahmayanti, Cik Zulia, Lanna Reni Gustianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.