PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA KOTA JUANG, KABUPATEN BIREUEN

Authors

  • Idialita Idialita Universitas Almuslim, Bireuen
  • Yusrizal Yusrizal Universitas Syiah Kuala
  • Marwan Marwan Universitas Almuslim, Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.42000

Keywords:

Budaya Sekolah, Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Guru, Kurikulum Merdeka, Motivasi Kerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi kerja terhadap komitmen guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 102 guru sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen guru, di mana kepala sekolah yang mampu menerapkan gaya kepemimpinan ini dapat meningkatkan komitmen guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu, budaya sekolah yang positif juga ditemukan berperan penting dalam meningkatkan motivasi kerja dan komitmen guru. Motivasi kerja guru berfungsi sebagai mediator dalam hubungan antara budaya sekolah dan komitmen guru. Dengan demikian, peningkatan kualitas kepemimpinan kepala sekolah, penguatan budaya sekolah, dan peningkatan motivasi kerja guru merupakan faktor kunci dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

References

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Kemendikbud. (2018, Desember 2). Peran Guru Sebagai Pendidik Makin Strategis. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/12/peran-guru-sebagai-pendidik-makin-strategis

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110

Zulfiati, M., & Hartiningsih, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Bandungrejosari 1 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 22–33. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Idialita, I., Yusrizal, Y., & Marwan, M. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA KOTA JUANG, KABUPATEN BIREUEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19027–19037. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.42000

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)