PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA KOTA JUANG, KABUPATEN BIREUEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.42000Keywords:
Budaya Sekolah, Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Guru, Kurikulum Merdeka, Motivasi Kerja.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi kerja terhadap komitmen guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 102 guru sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen guru, di mana kepala sekolah yang mampu menerapkan gaya kepemimpinan ini dapat meningkatkan komitmen guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu, budaya sekolah yang positif juga ditemukan berperan penting dalam meningkatkan motivasi kerja dan komitmen guru. Motivasi kerja guru berfungsi sebagai mediator dalam hubungan antara budaya sekolah dan komitmen guru. Dengan demikian, peningkatan kualitas kepemimpinan kepala sekolah, penguatan budaya sekolah, dan peningkatan motivasi kerja guru merupakan faktor kunci dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kota Juang, Kabupaten Bireuen.References
Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Kemendikbud. (2018, Desember 2). Peran Guru Sebagai Pendidik Makin Strategis. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/12/peran-guru-sebagai-pendidik-makin-strategis
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110
Zulfiati, M., & Hartiningsih, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Bandungrejosari 1 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 22–33. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Idialita Idialita, Yusrizal Yusrizal, Marwan Marwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.