PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PATOMPO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41682Keywords:
Manajemen Waktu, Self-Regulated Learning (SRL), Mahasiswa Tingkat AkhirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen waktu terhadap self-regulated learning (SRL) pada mahasiswa tingkat akhir Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sampel terdiri dari 92 mahasiswa tingkat akhir yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan manajemen waktu mahasiswa berada pada kategori baik, dengan skor tertinggi pada evaluasi waktu dan skor terendah pada pengendalian waktu. SRL mahasiswa juga berada pada kategori baik, dengan evaluasi diri sebagai aspek yang paling menonjol. Uji korelasi menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara manajemen waktu dan SRL. Selain itu, hasil analisis regresi menunjukkan bahwa manajemen waktu berkontribusi sebesar 52% terhadap variabilitas SRL mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa manajemen waktu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap SRL. Mahasiswa dengan kemampuan manajemen waktu yang baik cenderung memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam mengatur proses belajarnya secara mandiri. Penelitian ini memberikan implikasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengendalian waktu, sedangkan perguruan tinggi diharapkan dapat menyediakan program pelatihan terkait manajemen waktu dan SRL.References
Prihantoro, A. (2020). Manajemen Waktu dan Produktivitas Belajar Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia.
Suhartono, H. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Pembelajaran Mandiri Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 123-135.
Suwandi, T., & Riyadi, H. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Mengelola Waktu pada Tingkat Akhir Studi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 45-52.
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahayu, E., & Sudarmawan, P. (2019). Hubungan Manajemen Waktu dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 10(2), 112-120.
Suryani, T. (2020). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Kemampuan Self-Regulated Learning pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 45-58.
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.
Widyastuti, E. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Efektivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 45-52.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Nugroho, A., & Suryani, T. (2020). Self-Regulated Learning dan Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 34-45.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irham Maulana Yunus, Nurfiraeny Nasruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.