PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DALAM ADAPTASI TEKNOLOGI DAN ASISTENSI MENGAJAR DI SEKOLAH PENUGASAN SMP NEGERI 02 BATHIN II BABEKO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40987Keywords:
Adpatasi Teknologi, Asistensi Mengajar, Program Kampus Mengajar Angkatan 8Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan peran mahasiswa dalam membantu adaptasi teknologi dan turut serta dalam mengajar dengan kegiatan asistensi mengajar pada program Kampus Mengajar Angkatan 8 di sekolah penugasan SMP Negeri 02 Bathin II Babeko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif dengan pendekatan Naratif. Penelitian ini menjelaskan bagaimana peran mahasiswa dalam adaptasi teknologi yang mana mahasiswa mengenalkan beberapa media pembelajaran berbasis teknologi seperti Canva, Wordwall, dan Kahoot! saat pembelajaran dilaksanakan, Quizizz dan Google Form sebagai media Ujian Akhir Semester, dan juga ikut berperan dalam Asistensi Mengajar di SMP Negeri 02 Bathin II Babeko dari pengalaman yang sudah didapatkan oleh mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa pengenalan dan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran belum terlalu aktif dilakukan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa berperan dalam membantu pengenalan dan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Hasil dokumentasi memperlihatkan bahwa mahasiswa telah berperan aktif dalam membantu peserta didik dan guru dalam mengenalkan dan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran juga dalam Asistensi Mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa berperan aktif dalam turut serta membantu peserta didik bahkan juga guru dalam Adaptasi Teknologi dan juga berperan aktif dalam Asistensi Mengajar.References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Fauzi, T. I., Rahmawati, D. N. U., & Astuti, N. P. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Gurning, M. R. (2022). Pengembangan Literasi, Numerasi, Adaptasi, Teknologi, Oleh Kampus Mengajar Angkatan III Di SMP Swasta Harapan Bunut. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Jaatshiah, A. T. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Hambatan Intelektual Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.
Khasanah, B. A., Sutriningsih, N., & Widianti, S. D. (2021). Pendampingan Adaptasi Teknologi Serta Pemanfaatannya Dalam Menanamkan Literasi Dan Numerasi Di SD 3T. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. (Online),. http://logista.fateta.unand.ac.id/inde x.php/logista/article/view/932, (diakses 02 Januari 2025)
Naziaha, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Rezania, V., & Rohmah, J. (2021). Student Self-Development Through Kampus Mengajar Angkatan 1 Program At Sdit Madani Ekselensia Sidoarjo. JCES (Journal of Character Education Society).
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Livia. Jurnal Basiedu.(Online),. https://ww w.jbasic.org/index.php/basicedu/article/v iew/2041, (diakses 02 Januari 2025).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aldino Aldino, Dini Sepika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.