PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TABLE BALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Herma Dewi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau
  • Febrialismanto Febrialismanto Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau
  • Yeni Solfiah Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1394

Keywords:

Media Permainan Table Ball, Konsep Bilangan

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media permainan Table ball untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yang digunakan memodifikasi desain penelitian pengembangan dari Robert Maribe Branch (dalam Sugiyono, 2017). Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan 6 tahap yaitu mengetahui masalah atau potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan pembuatan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan saat melakukan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pendidik. Rata- rata penilaian validator ahli materi sebesar 82 % dengan tingkat kelayakan sangat layak , kemudian rata-rata penilaian ahli media sebesar 86% dengan tingkat kelayakan sangat layak dan kemudian hasil rata rata penilaian ahli pendidik sebesar 87% dengan tingkat kelayakan sangat layak.

Author Biographies

Herma Dewi, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Febrialismanto Febrialismanto, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Yeni Solfiah, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

References

Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. In Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan congklak dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 1(1).

Nisa, L. C. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 7(2), 91–112.

Novitasari, Y., & Prastyo, D. (2020). Egosentrisme Anak pada Perkembangan Kognitif Tahap Praoperasional. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 17–22.

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.

Riduwan, S. (2012). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 5(2), 151–168.

Yamrini, Y. (2013). Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Di TK Permata Hati Kid’s School Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yuliani, N. S. (2009). metode pengembangan kognitif. Universitas Terbuka Jakarta.

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Dewi, H., Febrialismanto, F., & Solfiah, Y. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TABLE BALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 395–403. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1394

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>