UPAYA PENGEMBANGAN MODEL MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN POSITIF ANAK USIA DINI DI KOTA AEK KANOPAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44300Keywords:
Media Audio-Visual, Disiplin Positif, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) merancang pengembangan media audio-visual yang dapat meningkatkan disiplin positif anak usia dini; 2) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan disiplin positif. Subyek pada penelitian ini adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di Kota Aek Kanopan. Sedangkan objek penelitian berupa media sebagai media pembelajaran pada aspek disiplin positif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan research and development. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan dan mengembangkan produk. Berdasarkan hasil analisis yang digunakan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1) Media audio-visual sebagai media pembelajaran yang dapat menjelaskan hal mengenai disiplin positif sehingga dapat menarik perhatian anak yang berdampak pada meningkatkanya disiplin positif anak usia 5-6 tahun, 2) Media audio-visual yang dikembangkan menjadi media alternatif yang efektif untuk meningkatkan disiplin positif anak usia 5-6 tahun di kota Aek Kanopan. Peningkatan disiplin positif signifikan berdasarkan hasil uji-t taraf signifikansi 0,00 yang lebih kecil dari 5%. Oleh sebab itu, penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan disiplin positif anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan media audio-visual lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media audio-visualReferences
Agustia , NR, Nofianti , R., & Ismaraidha , I. (2022, June). Parenting Style in Embedding Character Children's Religiousness Through Reading and Writing the Qur'an in Lau Gumba Village District Karo. In Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humanities) (pp. 158-165).
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.s
Emzir. 2011. Metodelogi Penelitian PendidikanKualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajawali Pers. Hamalik, Oerman. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismaraidha, I., & Parapat, A. (2023, March). INTERNALIZATION OF THE VALUE OF CARING FOR THE ENVIRONMENT IN CHILDREN THROUGH ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN FAMILIES OF THE COASTAL COMMUNITIES OF BATUBARA REGENCY. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 1479-1483).
Meyer, Richard. 2008. Learning and Instruction. New Jersey: PearsonEducation Inc. Mursid. 2015. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Okta, Putu, Arya, Gde. 2017. Media dan Multemedia Pembelajaran. Yogyakarta: Depiblish. Paidi. 2012.
Pengembangan Pembelajaran Dengan Moodie Untuk Meningkatkan Hasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Produktif Standar Kompetensi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ungkungan Hidup di SMK Propinsi Bengkulu); Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Rahim, Husni and Rahiem, Maila. Dinia, Husni .2012. The Use of Stories as Moral Education for Young Children. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 2, No. 6, November 2012.
Rozana , S., Harahap , AS, Astuti, R., Widya , R., Tullah , R., Anwari, AM, & Mahardhani , AJ (2021). Tactical Strategy for Early Childhood Character Education . Edu Publisher.
Siraj, jhon and Blatchford. 2009. Editorial: Education for Sustainable Development in Early Childhood. International Journal of Early Childhood, Vol. 41, No. 2, 2009. https://link.springer.com/article/10.1007%2FBF03168875?LI=true Sugiyono. (2011).
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Utami, RD, Munisa , M., & Harahap , AS (2020). The Influence Method Storytelling And Ability Listening to the Formation Character Early Childhood Discipline . Journal Veranda Science , 21(2), 273-300.
Utami, R. D., Anggraini, D., & Wijaya, R. F. (2024). USE OF AUDIOVISUAL MEDIA IN DEVELOPING DISCIPLINE ATTITUDES IN EARLY CHILDHOOD. PROSIDING UNIVERSITAS DHARMAWANGSA, 4(1), 297-309.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Agustina, Rahayu Dwi Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




