PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAZE TRAP GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AS-SHOFA KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1371Keywords:
Kemampuan Sosial, Profesi OrangtuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran maze trap game yang valid untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan oleh Sugiyono. Pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan 6 (enam) tahap yaitu mengetahui masalah dan potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan pembuatan produk. Pada tahap selanjutnya tidak dilakukan karena mengingat keterbatasan biaya dan waktu akibat Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dimana angket tersebut divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pendidik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis validasi dari ahli materi mendapatkan persentase 93.33% dengan kriteria sangat valid, hasil analisis validasi dari ahli media mendapatkan persentase 82.67% dengan kriteria sangat valid, dan hasil analisis validasi oleh ahli pendidik mendapatkan persentase 94.64% dengan kategori sangat valid, serta hasil penilaian dalam uji coba terbatas mendapatkan persentase 89.28% dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran maze trap game untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun telah memenuhi kriteria kevalidan.References
Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Athiyah, Ummu. 2016. Pengembangan Alat Permainan Maze “Papan Laju Warna†Untuk Menstimulasi Kesiapan Membaca Anak Kelompok B Di Tk Aba As-Salam. Program Studi Teknologi Pendidikan. Volume V Nomor 8
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik Di Taman Kanak-kanak. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta
Etrrika Nugraha, Fida. 2017. Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gugus III Kecamatan Pinyungan Bantul. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Hari, Christiana. 2014. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Masa Kanak-Kanak Akhir. Prenadamedia Group. Jakarta
Hasan, Maimunah. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press. Yogyakarta
Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami AUD. PT Rosdakarya Offset. Bandung
Idho, Mardhotillah. 2019. Pengembangan Media Maze Matematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Indriyani, Maria. 2016. Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak TK Kelompok B Keluruhan Balecatur Gamping Sleman Yogyakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Guru PAUD. Universitas Negeri Yogyakarta
Kamtini, Husni Wardi. 2015. Bermain melalui gerak dan lagu ditaman kanak-kanak. Depdiknas. Jakarta
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan PAUD. Jakarta
Kurnia, Rita. 2011. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Cendekia Insani. Pekanbaru
Kurnia, Rita. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Jakad Publishing. Surabaya
Latif Mukhtar. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Lestyorini, Nia. 2015. Pengembangan Media Maze Bermagnit Dalam Pembelajaran Kognitif Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Luluk, Asmawati. 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta
Luqman Tri, Fajar. 2014. Pengembangan Permainan Maze Elektronik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD. Volume 3 Nomor 1
Manshur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Belajar. Yogyakarta
Ningsih Andri, Setia. 2015. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Bermain Di Kelompok B TK Se-gugus Parkit Banyuurip Purworejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru PAUD. Universitas Negeri Yogyakarta
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Standar Pelaksanaan PAUD. Depdiknas. Jakarta
Sekawari Dyah, Ayu. 2013. Permainan Maze Matching Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tuna Grahita. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. UNESA
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Bandung
Sujiono, Bambang. 2009. Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka. Jakarta
Sujiono Nurani Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks. Jakarta
Sumantri Syarif Mohammad. 2015. Strategi Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Prenada Media Group. Jakarta
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara. Jakarta
Sutisna, Nana. 2017. Perkembangan Motorik. Alfabeta. Bandung
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. PT Pustaka Insan Madani. Yogyakarta
Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung
Umi Munawaroh, Anif. 2020. Pengembangan Media Alur Tulis Pada Perkembangan Motorik Halus (Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumber Pangkur Ngawi. Jurnal PAUD. Volume 8 No 1
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Restindo Mediatama. Jakarta
Walujo Adi Djoko. 2017. Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group. Depok
Wijayanti, Arwendis. 2019. Pengembangan Permainan Maze Tiga Dimensi Pada Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Di Tk Pgri I Jogorogo Ngawi. Jurnal Pendidikan Modern Volume 4 Nomor 03 Tahun 2019 18-27
Wiyani Ardy Novan. 2015. Manajemen PAUD Bermutu. Gava Media. Yogyakarta