MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ANIMALS MANIPULATIFE LOTTO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALFARIZKY KIDS KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Elpa Maya Astuti Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Ria Novianti Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Febrialismanto Febrialismanto Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.869

Keywords:

Konsep Angka, Anak

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjelaskan bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media animals manipulatife lotto pada anak usia 5-6 tahun di TK Alfarizky Kids Rimbo Panjang kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Media ini dapat menarik minat anak untuk belajar, yang didukung oleh penerapan yang cukup baik oleh peneliti. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan tampak pada hasilnya yang signifikan yakni dari data awal 35,83% (mulai berkembang), mengalami peningkatan ke siklus I 46,25% (berkembang sesuai harapan). Peningkatan dari siklus I ke siklus II 67.08 (berkembang sesuai harapan). Perkembangan data awal ke siklus II meningkat sebesar 31,25% menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Jadi, bila media animals manipulatife lotto diterapkan dengan baik kepada anak, maka akan ada peningkatan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang baik pula.

Author Biographies

Elpa Maya Astuti, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Ria Novianti, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Febrialismanto Febrialismanto, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Acep Yoni. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Febrialismanto,dkk (2020) . Pengaruh Permainan Media Manik-Manik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung, Alfabeth.

Ismatul Khasanah.2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media APE “Kubus Angka†Pada Kelompok A TK Tunas Rimba 1 Semarang Tahun 2013/2014. Jurnal Educhild Pendidikan, Social Dan Budaya.

Ni Putu Laris, dkk. (2014). “Pemanfaatan Media Lotto Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A Di PAUD Santi Kumaraâ€. EJournal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1, 2014, halaman 1-11. (Online)

Ria Novianti. 2015. Pengembangan Permainan Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Educhild: Pendidikan, Sosial Dan Budaya.

Ria Novianti. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: UR Press

Novia Ariani, Ria Novianti. 2020. Pengaruh Permainan Number Ball Race Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cendana Rumbai, Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (02), 1-11

Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY.

Suroso. (2009). Penelitian Tindakan Kelas: Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research. Yogyakarta: Pararaton.

T. Wakiman. (2001). Alat Peraga Pendidikan Matematika I. Yogyakarta: UNY.

Yuliani Nurani Sujiono. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Astuti, E. M., Novianti, R., & Febrialismanto, F. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ANIMALS MANIPULATIFE LOTTO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALFARIZKY KIDS KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 97–107. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.869

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>