PERBEDAAN PENGETAHUAN SAINS ANTARA ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN USIA 5-6 TAHUN DI TK KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Melani Anugrah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Hukmi Hukmi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Febrialismanto Febrialismanto Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1213

Keywords:

Perbedaan Pengetahuan Sains, Anak Laki-laki dan Perempuan, Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengetahuan sains antara anak laki-laki dan perempuan usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dilakukan di 6 lembaga TK yaitu TK Shandy Putra Telkom, TK Muhajadah, TK Ibadah, TK Lawiyah, TK Al-Khairat dan TK Inayah berjumlah 158 orang anak yang terdiri dari 81 anak laki-laki dan 77 anak perempuan. Analisis data dilakukan dengan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pengetahuan sains anak laki-laki usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan rata-rata pengetahuan sains yaitu 60,03, Pengetahuan sains anak perempuan usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB) dengan rata-rata pengetahuan sains yaitu 65,57dan terdapat perbedaan pengetahuan sains antara anak laki-laki dan perempuan usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Pengetahuan sains anak perempuan lebih baik dari pengetahuan sains anak laki-laki.

Author Biographies

Melani Anugrah, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Hukmi Hukmi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Febrialismanto Febrialismanto, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212.

Ali, M., & Yuniarni, D. (2016). KEMAMPUAN BERHITUNG BERDASARKAN GENDER PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUJAHIDIN 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5).

Aziz, R., &Mangestuti, R. (2006). Tiga Jenis Kecerdasan Dan Agresivitas Mahasiswa.Jurnal. Universitas Islam Negeri Malang.

Barnas, S., & Ridwan, I. M. (2019). Perbedaan Gender dalam Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Mahasiswa Pendidikan Fisika. DIFFRACTION, 1(2), 34–41.

Brewer, Jo A. 2007 Early Childhood Education, Preschool Throught Primary Grades Sixth Edition, Boston : Pearson

Febrialismanto & Novianti, R. (2020). Journal of Educational Sciences, 4(2), 404–413.

Febrialismanto & Hidayatun. (2019). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di, 2(2), 101–111.

Nugraha, A. 2005.Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Jakarta.

Pamuji, N. S., & Sodikin, S. (2020). Hubungan Jenis Kelamin, Usia, dan Urutan Kelahiran dengan Kemampuan Mengkombinasikan Warna Menggunakan Media Finger Painting. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Trundle, C. (2005). Teaching Science During the Early Childhood Years, 2004–2007.

Kristi, L. P. (2013). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas 1. Jurnal IAIN Walisungo Semarang.

Meisa Dwi Anjarsari & Purwanto. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar. JPGSD . 01 (2): 0-216

Novan Ardy Wiyani. 2014.Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Gramedia. Yogyakarta.

Novia Kartika Dewi. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Jepit Geometri Padakelompok Ataman Kanak-Kanak Bahana Al-Aqsha Di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.Jurnal. www. http://uinsby.ac.id (Diakses 24 Agustus 2020)

Novi Mulyani. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta. Kalimedia

Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 02 Tahun 2017 rpjmd Kabupaten Rokan Hilir 2016-2021

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rahmadini, D. A., Novianti, R., & Solfiah, Y. 2019 Pengaruh Permainan Block Puzzle edukatif Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Hidayah Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–13.

Rika Elok Rahayu. 2016. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk geometri Melalui Permainan Melompat Bentuk dikelompok A TK Dharma Wanita I Panggung Duwet Kademangan Blitar.Jurnal www. http://simki.unpkediri.ac.id (Diakses 24 Agustus 2020)

Rita Eka Izzaty, Siti Partini Suardiman, Yulia Ayriza, Purwandari, Hiryanto, & Rosita E. Kusmaryani. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Sari, W., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. 2019. Pengaruh Permainan Kotak Pos Terhadapkemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ittihad Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–15

Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Sri Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika. Depdiknas

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Admmistrasi. Albabet. Bandura

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Trisnawati Tri Sinta. 2017. Pengembangan Kecernasan Kognitif Anak Melalui Permainan Geometri Di Tk Islam Mutiara Way Kandis Bandar Lampung. . Jurnal. www.http://eprints.uny.ac.id (Diakses 20 Januari 2020)

Downloads

Published

2020-12-03