ETNOMATEMATIKA MOTIF KAIN TENUN BUNA MASYARAKAT INSANA UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41144Keywords:
Etnomatematika, Motif Kain Tenun Buna , dan Pembelajaran Matematika.Abstract
Etnomatematika adalah pendekatan yang mengaitkan konsep-konsep matematika dengan budaya dan tradisi masyarakat. Salah satu bentuk budaya yang menyimpan kekayaan etnomatematika adalah seni tenun, yang telah ada di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di masyarakat Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara Propinsi Nusa Tenggara Timur. Tenun Buna adalah salah satu contoh karya tekstil yang tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga mengandung unsur matematika dalam bentuk pola dan geometri.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep-konsep matematika yang terdapat dalam etnomatematika motif kain tenun buna masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara serta mendesain tugas matematika sekolah dasar dengan memanfaatkan motif kain tenun buna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dan obyek dalam penelitian ini adalah berupa motif-motif kain tenun buna dan catatan etnografi yang dibuat selama kegiatan observasi dan wawancara.Berkaitan dengan tujuan penelitian ini, hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat konsep-konsep matematika SD yang berada dalam motif kain tenun buna yakni lingkaran, persegi, persegi panjang, titik, garis dan bangun ruang seperti: bola, tabung, kerucut dan layang-layang.Para kelompok tenun yang sebagaian besar adalah masyarakat dewan yang pendidiknya di bawah rata-rata tetapi secara tidak langsung mereka sudah menerapkan konsep geometri, bahkan mereka tidak tahu tentang konsep-konsep yang diajarkan disekolah, tetapi dapat mereka menerapkannya dalam motif kain tenun buna yang indah dan benilai jual yang tinggi.References
D'Ambrosio, U. (2001). Etnomatemática: A Matemática da Cultura. Papirus Editora.
Burton, L. (2004). Mathematics Education and Society: Teaching and Learning Mathematics with Cultural Understanding. Springer
Zulkardi, Z. (2002). Etnomatematika: Konsep dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27-34.
Ningsih, S., & Suryana, Y. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 45-53.
Putri, R., & Dewi, N. (2020). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri di SD: Studi Kasus Kain Tenun Mayarakat Insana. Jurnal Penelitian Matematika, 16(3), 67-75.
Tallo, P.A & Erni (2003). Pesona Tenun Flobamora. Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Provinsi NTT. Kupang.
Kamarudin, M. (2015) Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Madura Pada Pemukiman Tenayan Lanjang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana UNESA. Tidak dipublikasikan.
Natun, A.Y.K, Mamoh O, & Amsikan S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Buna Masyrakat Insana Tengah. Math-Edu : Journal Pendidikan Matematika 6, No 2 (2021): 34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuventius Tamelab, Damian Puling

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.