PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN KONSEP POLA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1230Keywords:
Video Animasi, Konsep Pola.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa Video Animasi Terhadap Pengetahuan Konsep Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development).Hasil dari penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikemukakan oleh Sugiyono (2016); 1) potensi dan masalah. 2) pengumpulan data dan informasi. 3) desain produk. 4) validasi produk; (a) uji ahli materi; (b) uji ahli media. 5) revisi produk; (a) teknik pengumpulan data; (b) observasi; (c) angket; (d) dokumentasi. Kelayakan video animasi Rata-rata penilaian validator ahli materi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 82,2% sehingga penilaian yang dicapai validator ahli materi mendapatkan kategori “Sangat Layakâ€. Sedangkan rata-rata penilaian validator ahli media mendapatkan presentase kelayakan sebesar 79%, sehingga penilaian yang dicapai dari validator ahli media mendapatkan kategori “Layakâ€. Kemudian hasil rata-rata penilaian dari 5 guru masing-masing mendapat presentase kelayakan sebesar 88,4%, 85,6%, 82,8%, 85,6%, dan 82,8% dengan rata-rata keseluruhan dari 5 guru keteria presentase kelayakan 85,04% dari persentase penilaian ke 5 guru mendapatkan kategori “Sangat Layakâ€.Berdasarkan hasil uji validasi yang diperoleh maka video animasi layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran konsep pola anak usia 5-6 tahun.References
Abdus Salam. 2008. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia).Ghalia. Jakarta
Asmoro.2010.Animasi Kartun Dari Analog Sampai Digital.Indeks. Jakarta
Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Chilampikennel. 2010. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pola Melalui Bermain Konstruktif Dengan Media Balok Pada Anak Kelompok A Tk Guworejo 2 Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2014/2015â€. Jurnal Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan. Program Studi PG-PAUD Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Chong, A. 2008.Digital Animation. AVA Publishing SA. Singapura
Dendy Sugono. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat.Gramedia. Jakarta
Donsu.2017. “Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah Kota Malang (Studi kasus Pada Mahasiswa Banyuwangi Di Kota Malangâ€).Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Malang
Gredler. 2011. “Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Kontruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piagetâ€.Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini.Universitas Sari Mutiara Indonesia. Medan
Hapsinah Siregar, 2017. Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TA Al-Muttaqin. Skripsi.Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Hegarty. 2004. “Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajarâ€. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran.Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VII SMPN 6 Banjarmasin. Kalimantan Selatan
Kamriantiramli.2011. Penerapan Media Vidio Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Menggisi Refrigeran Terhadap Hasil Siswa.Journal of Mechanical Engineering Education. Dapertemen Pendidikan Teknik Mesin, FPTK UPI. Bandung
Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta
Mayer, Richard E. 2009. Multimedia Learning Prinsip dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Mayer, R. E. &Morena, R. 2005.Animations as an Aid to Multimedia Learning.Educational Psychology Review. Jakarta
Notoatmodjo. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
Pupuh Fathurrohman & M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. PT. Refika Aditama. Bandung
Redi Awal Maulana. 2002. Math Untuk Anak Usia Dini. IGI PD. Kab Sumedang. Jawa Barat
Rian. 2007. “Analisis Karya Seni Kerajinan Anyam Tali Kur Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat Berdasarkan Teknik Bentukdan Warnaâ€. GorgaJurnal Seni Rupa. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Medan. Medan
Rosna. 2009. “Analisis Karya Seni Kerajinan Anyam Tali Kur Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat Berdasarkan Teknik Bentukdan Warnaâ€. Gorga Jurnal Seni Rupa. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Medan. Medan
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. PT Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. PT Alfabeta. Bandung
Riduwan.2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.Alfabeta. Bandung
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Depok
Setyawati Rahayu. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Melalui Praktek Langsung Di Kelompok B TK Pertiwi 54 Teruman Bantul.Skripsi. Yogyakarta
Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran.PT. Pustaka Insan Mandani. Yogyakarta
Suwardi Endraswara. 2012. Budaya Spritual Sebagai Wahana Membentuk Karakter Bangsa. FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Slamet Suyanto. 2005. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing. Yogyakarta