PENGARUH PERMAINAN ROULETTE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA PEKANBARU

Authors

  • Theresia Maranatha Simanjuntak Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Yeni Solfiah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.829

Keywords:

Permaina Roulette, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan

Abstract

Penelitian ini didasari oleh peneliti di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. pengamatan yang dilakukan ialah mengenai kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak, dimana kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak belum berkembang dengan baik. Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan salah satu kemampuan yang diajarkan di PAUD dan merupakan kemampuan dasar yang krusial karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep-konsep matematika selanjutnya dijenjang pendidikan berikutnya. Dalam pengenalan konsep bilangan pada anak diperlukan cara dan stimulasi yang tepat dan menyenangkan, salah satunya ialah dengan kegiatan bermain.. Permainan roulette ialah permainan modifikasi dari permainan judi, dimana permainan ini dirancang sesuai dengan tahap perkembang usia anak, sehingga kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru dari bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Maret 2020 untuk observasi dan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Teknik analisi data menggunakan uji t-test dengan menggunakan SPSS Windows Ver. 20. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 14,916 karena nilai (Sig.2-tailed) = 0,00<0,05. Dapat disimpulkna bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak sebelum dan sesudah penggunaan permainan roulette. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh permainan roulette terhadap kemampuan mengenal konsep bilagan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru sebesar 53,50%.

Author Biographies

Theresia Maranatha Simanjuntak, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Daviq Chairilsyah, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Yeni Solfiah, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Ariani, Novia., Ria, Novianti,. Febrialismanto. 2020. Pengaruh Permainan Number Ball Race Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2), 3-9.

Kadiyo, & Agus Suryana. 2009. Bermain Dengan Matematika. Lanzuardi (Grup Grafiti). Jakarta.

Kanisius. 2006. Mengenal Bilangan dan Angka. KANISIUS. Yogyakarta.

Khotimah, Nurul. 2018. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 Melalui Permainan Abacus Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Nur Amin Ridwan Gadingmangu Perak Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 07(01), 2-3.

Kusumaningtyas, Nila. 2014. Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Delacita. Karawang

Latif, Mukhtar, dkk. 2016. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Prenamedia Group. Jakarta.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi bermain anak usia dini. 2010. Prenada Media. Jakarta.

Nining, Sriningsih. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas. Bandung.

Opik. 2017. Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flascard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1):118. (Online). https://ejournal.upi.edu. (diakses 13 April 2020).

Salimah. 2011. Dampak Penerapan Bermain Dengan Media Gambr Seri Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Dan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Studi Khusus Eksperimen Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kartika Siliwangi, 1(1): 189. (online). https://fdokumen.com/document/18-Salimah.html. (diakses 29 Mei 2020).

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. PT Grasindo. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dn R&D). Alfabeta. Bandung.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.

Yanti, Herlanti. 2006. Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Downloads

Published

2020-06-10