ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CAHAYA INTAN KECAMATAN PUJUD ROKAN HILIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1212Keywords:
Analisis, kemampuan Mengenal Bentuk GeometriAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Intan Kecamatan Pujud Rokan Hilir. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif (persentase). Sampel yang digunakan 20 orang anak. Penelitian dilakukan di TK Cahaya Intan Kecamatan Pujud Rokan Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan lembar observasi kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase (Sugiono, 2010). Dari hasil analisis data dapat di simpulkan bahwa gambaran kemampuan mengenal bentuk geometri pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cahaya Intan Kecamatan Pujud Rokan Hilir berada pada kreteria“Belum Berkembang†yaitu dengan persentase 27,60%.References
Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatifitas dan Edukatif untuk Anak Usia Dini.Yogyakarta. Andi Yogyakarta
Ahmad Turmuzi. 2013. Mengingat dan Memahami Kembali tentang Teori Taksonomi Bloom. Diakses pada tanggal 26 Januari 2020 jam 10.00 WIB.
Antonius. C. Prihandoko. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Cania, S., Novianti,R.,Chairilsyah, D. 2020. Pengaruh Media Glowing City Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal online Mahasiswa (JOM) bidang keguruan dan ilmu pendidikan, 3(1)-53-60
Dastin Tarigan. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan tinggi.
Firdawati, G., Risma, D., & Solfiah, Y. 2019. Pengaruh Penggunaan Ape Georobot terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahundi Paud Aqeela Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 5–15.
Lathipah Hasanah,Shinta Agung. Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Anak Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun Sekolah Tinggi Agama Islam Bani Saleh Jakarta.www.Jurnal .uinjkt.ac.id (Di akses Desember 2019)
Kusni. 2008. Geometri dasar. Semarang. Universitas Semarang
Sutarman, Maman & Asiah. 2016. Manaejemen pendidikan usia dini. Bandung.CV Pustaka Setia
Marlia Andriyani.2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Datar Melalui Permainan Tradisional Gotri Legendri Pada Anak Kelas B Tk Sunan Kalijogo.Jurnal. www.http://eprints.uny.ac.id (Diakses 24 Agustus 2020
Martini Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman
Kanak-kanak. Jakarta: PT. Grasindo
Maimunah Hasan. 2009. Pendidikan anak usia dini. DIVA Pres.Yogyakarta
Meisa Dwi Anjarsari & Purwanto. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar. JPGSD . 01 (2): 0-216
Novan Ardy Wiyani. 2014.Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Gramedia. Yogyakarta.
Novia Kartika Dewi. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Jepit Geometri Padakelompok Ataman Kanak-Kanak Bahana Al-Aqsha Di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.Jurnal. www. http://uinsby.ac.id (Diakses 24 Agustus 2020)
Novi Mulyani. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta. Kalimedia
Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 02 Tahun 2017 rpjmd Kabupaten Rokan Hilir 2016-2021
Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Rahmadini, D. A., Novianti, R., & Solfiah, Y. 2019 Pengaruh Permainan Block Puzzle edukatif Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Hidayah Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–13.
Rika Elok Rahayu. 2016. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk geometri Melalui Permainan Melompat Bentuk dikelompok A TK Dharma Wanita I Panggung Duwet Kademangan Blitar.Jurnal www. http://simki.unpkediri.ac.id (Diakses 24 Agustus 2020)
Rita Eka Izzaty, Siti Partini Suardiman, Yulia Ayriza, Purwandari, Hiryanto, & Rosita E. Kusmaryani. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Sari, W., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. 2019. Pengaruh Permainan Kotak Pos Terhadapkemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ittihad Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–15
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Sri Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika. Depdiknas
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Admmistrasi. Albabet. Bandura
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur penelitian. Jakarta. Rineka Cipta
Trisnawati Tri Sinta. 2017. Pengembangan Kecernasan Kognitif Anak Melalui Permainan Geometri Di Tk Islam Mutiara Way Kandis Bandar Lampung. . Jurnal. www.http://eprints.uny.ac.id (Diakses 20 Januari 2020)