ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024-2029 DI JURUSAN PPKn STAMBUK 2023

Authors

  • Oktavia Anjelina Saragih Universitas Negeri Medan
  • Agnes Sitanggang Universitas Negeri Medan
  • Rosaria Anastasya Sianipar Universitas Negeri Medan
  • Ade Tamaria Sitanggang Universitas Negeri Medan
  • Halking Halking Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37639

Keywords:

Media Sosial, Opini Publik, Pemilihan Presiden

Abstract

Media sosial ini bisa saja mengarah kepada kepentingan yang benar atau justru mengarah sebaliknya. Namun ini cenderung didasari dari pengaruh yang bekerja pada media sosial tersebut. Media sosial sangat mempengaruhi masyarakat untuk membentuk opini publik yang amat diharapkan bagi pelaku politik praktis di negeri ini untuk berhasil memenangkan kontestasi politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis peran media sosial media dalam membentuk opini publik pada pemilihan presiden 2024-2029 di jurusan PPKn Stambuk 2023. Adapun metode penelitian yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mencari informasi dari berbagai sumber untuk mencapai tujuan yang akan dicapai. Mengumpulkan data dengan dengan wawancara dan observasi kelokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membentuk opini publik mengenai pemilihan presiden di kalangan mahasiswa. Opini public yang beredar di media sosial juga cukup mempengaruhi keputusan dalam pemilihan calon presiden tahun 2024 di kalangan mahasiswa pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan stambuk 2023 di Universitas Negeri Medan.

References

abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Kalijaga: Suka Press.

Aeni, S. Analisis Opini Publik Terhadap Pemilu 2024 Pada Media Sosial X 1 Tafana Destiana Larassetya, 2 Arfian Suryasuciramdhan , 3 Nuril Ulia Salsa , 4 Ira. Sos. dan Hum. 292–301 (2024).

Aman, Abid., Sanjit, Kumar, Roy. (2024). 19. Social Media Marketing: Adoption, Strategies, Approaches, Audience Behavior, and Content for Political Marketing. doi: 10.1108/978-1-83753-686-320241007

Diah, Fatma, Sjoraida., Bucky, Wibawa, Karya, Guna., Aat, Ruchiat, Nungraha., Miftachul, Amri., Tomi, Apra, Santosa., Abi, Suar. (2024). 3. Exploring the Impact of Social Media on Political Participation: A Review of Empirical Studies. doi: 10.31004/innovative.v4i3.10497

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humania: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum.

Imtiyala, Aier, -. (2024). 7. Social Media and Politics : the Potential of Social Media for Education and Civic Engagement. International Journal For Multidisciplinary Research, doi: 10.36948/ijfmr.2024.v06i02.16036

Maya, A, A, Sari., Zulkarnain, Zulkarnain. (2024). 2. Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Kampus. doi: 10.37329/ganaya.v7i2.3481

Mohammad, Ismail, Qayumoghli. (2024). 9. An Overview of The Role of Media and Social Networks on Politics. Integrated Journal for Research in Arts and Humanities, doi: 10.55544/ijrah.4.1.14

Muhammad Arsyam, Y. T. (2022). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif.

S., A., V?liyev. (2024). 1. The role of social media in the development of political crises. Manaš ?ozybaev atynda?y Soltùstìk ?aza?stan universitetìnì? habaršysy, doi: 10.54596/2958-0048-2024-2-90-95

Shelley, Boulianne., Christian, Pieter, Hoffmann., Michael, Bossetta. (2024). 5. Social media platforms for politics: A comparison of Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Reddit, Snapchat, and WhatsApp. New Media & Society, doi: 10.1177/14614448241262415

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Saragih, O. A., Sitanggang, A., Sianipar, R. A., Sitanggang, A. T., & Halking, H. (2025). ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024-2029 DI JURUSAN PPKn STAMBUK 2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 1227–1232. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37639

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.