IMPLEMENTASI MEDIA EDPUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK TINGKAT A1

Authors

  • Lifyandara Lifyandara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Farida Amalia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ariessa Racmadhany Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41906

Keywords:

CECRL A1, Edpuzzle, Keterampilan Menyimak, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media Edpuzzle dalam pembelajaran keterampilan menyimak tingkat A1 CECRL Bahasa Prancis. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif desain one-shot case study, penelitian ini melibatkan 28 mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Bahasa Perancis UPI. Pembelajaran dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu persiapan media, pemutaran video, diskusi, dan evaluasi soal tes menggunakan Edpuzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik melalui media Epuzzle, hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata skor tes sebesar 92,85 yang termasuk kategori sangat baik. Hasil dari observasi menunjukkan 90% mahasiswa memperhatikan pembelajaran dengan baik dan mampu dengan mudah mengoperasikan media. Hasil angket mengungkapkan bahwa mayoritas 57,1% mahasiswa menyatakan bahwa Edpuzzle merupakan media yang interaktif dan membantu mahasiswa fokus dalam pembelajaran. Berdasarkan alasan-alasan di atas maka media Edpuzzle disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menyimak khususnya tingkat A1.  

References

Alfath, K. (2019). Teknik pengolahan hasil asesmen: teknik pengolahan dengan menggunakan pendekatan acuan norma (PAN) dan pendekatan acuan patokan (PAP). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(1), 1-28.

Azzahra, A., Ibrahim, H., Rohimah, N., Nasution, S. F., & Zakiyyah, Z. (2023). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Yang Kritis Di Kelas Tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 39-52.

Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran : Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Edpuzzle. (2016). Pusat Bantuan Edpuzzle. Diambil dari Edpuzzle: https://support.edpuzzle.com/hc/id/articles/360024281491-Apa-itu-Edpuzzle

Jusnidar, J., Mannahali, M., & Achmad, A. (2022). Media Edpuzzle dalam Pembelajaran Menyimak Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 2(2), 188-193.

Mawaddah, N., Mustofa, M., & Putra, I. S. (2022). Improving students’ listening ability using Edpuzzle interactive video. Premise: Journal of English Education, 11(1), 65-81.

Qadriani, N. L., Hartati, S., Dewi, A., & Selatan, J. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6227.

Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi edpuzzle berbantuan whatsapp group sebagai alternatif pembelajaran daring pada era pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 67-72.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tarigan, H. G. (1986). Menyimak : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Lifyandara, L., Amalia, F., & Racmadhany, A. (2025). IMPLEMENTASI MEDIA EDPUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK TINGKAT A1. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1600–1608. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41906

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.