KAJIAN TEORI MEDIA (PERAN MEDIA DALAM PEMBENTUKAN BUDAYA MASYARAKAT)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41612Keywords:
Media, Budaya, EtnografiAbstract
Kajian media budaya memanfaatkan disiplin ilmu untuk menganalisa hubungan manusia dengan media sehingga diketahui dampaknya untuk budaya. Kajian media budaya ini mengacu pada beberapa konteks seperti, sosial, ekonomi, politik serta budaya yang lebih luas. Kajian ini membantu masyarakat untuk lebih memahami secara spesifik bagaimana media ini mempengaruhi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian berupa tulisan kata-kata atau kalimat. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan etnografi virtual atau netnografi. Netnografi merupakan penelitian terbaru yang mengkaji bentuk komunikasi dan perilaku pengguna internet etnografi virtual adalah etnografi yang dilakukan di dunia maya dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang besar dan keterlibatan dari pengguna internet. Hasil penelitian ini ialah memfokuksna pada pembentukan budaya pada masyarakat akibat peran media dianggap wajar. Di zaman yang semakin canggih sudah seharusnya untuk terjadi sebuah perubahan positif baik dari segi budaya, sosial, ekonomi, serta politik.References
Al-bayan, Jurnal. “Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia” 24, no. 1 (2018): 29–46.
Amiman, Renaldi, Bnedicta Mokalu, and Selvi Tumengkol. “Peran Media Sosial Facebook Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Desa Lalue Kecamatan Essang Kabupaten Kepulauan Talaud.” Journal ilmiah society 2, no. 3 (2022): 1–9.
Apriliany, Lenny. “Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascsarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 (2021): 191–199.
Bayu, Muchammad, Tejo Sampurno, Tri Kusumandyoko, Universitas Negeri Surabaya, Muh Ariffudin Islam, and Universitas Negeri Surabaya. “Budaya Media Sosial , Edukasi Masyarakat , Dan Pandemi COVID-19,” no. April (2020).
Fitriana, Rossa, Diaz Restu Darmawan, Efriani Efriani, and Deny Wahyu Apriadi. “Gejolak Fujoshi Dalam Media Sosial (Peran Media Twitter Dalam Pembentukan Identitas Kelompok Fujoshi).” Kiryoku 5, no. 2 (2021): 228–235.
Indartiwi, Asih, Julia Wulandari, and Tenti Novela. “Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” KoPEN : Konfrensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020): 28–31.
Jane Sabathani Putri, Rizaldy Andy Wijaya, and Vanessa Marcia Hitipeuw. “Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Kepribadian Gen Z Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.” TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora 1, no. 2 (2023): 187–195.
Khatimah, Husnul. “Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat.” Tasamuh 16, no. 1 (2018): 119–138.
Maliki, Ibnu Akbar, and Taufid Hidayat Nazar. “LIVING HADIS ISLAM WASATHIYAH: Analisis Terhadap Konten Dakwah Youtube ‘Jeda Nulis’ Habib Ja’far.” Nizham Journal of Islamic Studies 11, no. 01 (2023): 64–78.
Natalia, Natalia, and Muhammad Adi Pribadi. “Proses Interaksi Simbolik Dalam Budaya Organisasi Pembentukan Grup (Studi Etnografi JKT48).” Koneksi 4, no. 1 (2020): 76.
Rachman, Rio Febriannur. “Menelaah Riuh Budaya Masyarakat Di Dunia Maya.” Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies) 1, no. 2 (2017): 206–222.
Rizki Fadhilah, Anis, and Retna Hanani. “Difusi Inovasi Pelayanan Sedino Mesti Dadi (Semedi) Kabupaten Sragen.” Journal Of Public Policy And Management Review 13, no. 3 (2023).
Syakhrani, Abdul Wahab, and Muhammad Luthfi Kamil. “Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal.” Journal form of Culture 5, no. 1 (2022): 1–10.
Yusup, A, H, A Azizah, Sri Reejeki, Endang, and S Meliza. “Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial.” JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 5 (2023): 1–13. https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Umrata Mabruran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.