IMPLEMENTASI MEDIA BK BERBASIS PERMAINAN ADMIRE CARD SEBAGAI PEMAHAMAN TENTANG KONSEP IDENTITAS DIRI PADA REMAJA DI SEKOLAH

Authors

  • Eni Rakhmawati Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal
  • Ariesza Puspita Rani Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41534

Keywords:

Media Konseling, Identitas Diri, Remaja, Penelitian Kuantitatif, Harga Diri

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh media konseling terhadap pembentukan identitas diri pada remaja melalui pendekatan kuantitatif, dengan fokus pada siswa sekolah menengah sebagai kelompok sampel. Sebanyak 200 siswa dilibatkan dalam survei menggunakan kuesioner terstruktur yang dirancang untuk mengukur tiga dimensi utama identitas diri: kejelasan konsep diri, harga diri, dan pengaruh teman sebaya. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menentukan hubungan antara paparan media konseling dan hasil identitas diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media konseling secara signifikan berkontribusi terhadap perkembangan identitas diri remaja, dengan keterkaitan yang kuat antara frekuensi penggunaan media dan tingkat harga diri serta kejelasan konsep diri yang lebih tinggi. Pengaruh teman sebaya juga berperan sebagai moderator yang memperkuat dampak media konseling terhadap pembentukan identitas. Temuan ini menunjukkan bahwa media konseling dapat menjadi alat efektif untuk memperkuat karakter identitas diri positif pada remaja, terutama jika disesuaikan dengan isu identitas yang spesifik. Penelitian ini menekankan potensi media konseling sebagai intervensi strategis untuk mendukung perkembangan identitas diri pada remaja dan memberikan rekomendasi bagi institusi pendidikan untuk mengintegrasikan program media konseling ke dalam kurikulum mereka.

References

Fransiska, Maria. Dkk. Pengaruh Layanan Informasi Pemahaman Diri Terhadap Efikasi Siswa Kelas XI SMAN 2 SUNGAI RAYA, dalam Jurnal Program Bimbingan dan Konseling FKIP Untan Pontianak, hlm. 2.

Jalil, Khairun Annisa. Dkk. “Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Modifikasi Truth and Dare Card untuk Meningkatkan Self-Confidence pada Peserta didik di SMP Negeri 1 Wonomulyo”. dalam PINISI JOURNAL OF EDUCATION.

Lestari, Rahayu Dwi. (2021). Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Krisis Identitas, dalam Jurnal Educouns Volume 2 No. 1.

Martunis. Dkk. (2017). Pengaruh Media Kartu Dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Pengentasan Masalah Siswa, dalam Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI.

Nabila, Sayyida Fadhila dan Eko Darminto. “Meningkatkan Minat Memanfaatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Melalui Penggunaan Media Bimbingan Dan Konseling”. Dalam Jurnal Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Nasution, Wenny Yusfy. (2019). Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Identitas Diri Siswa Mal Uinsu T.A 2017/2018. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Sumut.

Pitri, Triani Eka. (2022). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Membantu Siswa Menemukan Identitas Diri di SMAN 6 Kepahiang. Tesis Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

Zahiroh, Dian Najma. (2020). Penggunaan Teknik Manajemen Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMA, dalam Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY.

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Rakhmawati, E., & Rani, A. P. (2025). IMPLEMENTASI MEDIA BK BERBASIS PERMAINAN ADMIRE CARD SEBAGAI PEMAHAMAN TENTANG KONSEP IDENTITAS DIRI PADA REMAJA DI SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 626–634. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41534

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.