PENGEMBANGAN MEDIA GETAR ( GEOMETRI PUTAR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1210Keywords:
Mengenal Bentuk Geometri, Media Getar (Geometri Putar)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Getar (Geometri Putar) untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development Brog & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari beberapa tahap yakni potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi poduk, dan revisi produk. Dalam penelitian ini tidak ada uji coba media ke TK dikarenakan pandemi Covid-19. Dari analisis data dapat dilihat bahwa hasil penilaian dari validator ahli materi memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari validator ahli media memperoleh persentase sebesar 84,7% dengan kategori sangat layak dengan saran untuk menggubah warna biru pada media dan ukuran tulisan lebih dibesarkan. Selanjutnya penilaian oleh 5 guru TK yang sertifikasi mendapatkan persentase sebesar 86,62% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Getar (Geometri Putar) layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.References
Agung Triharsono. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. C.V Andi Offset. Yogyakarta.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Badru Zaman. 2015. Media dan Sumber Pembelajaran TK. Universitas Terbuka. Jakarta.
C. Asri Budiningsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Rinekacipta. Jakarta
Febi Acitika Pratiwi. 2020. Pengembangan media pembelajaran puzzle menggunakan teka-teki silang pada materi sistem peredaran darah manusia kelas vii smpn 1 tembilahan. Jurnal FKIP.
Friska Apriyani. 2018. “Pengembangan Media Dadu Dan Papan Flannel Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Geometri Pada Anak Kelompok A RA Perwanida 1 Cluringâ€. Skripsi. Universitas Jember.
Hesti Nurhayati. 2015. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Rumah Kata Untuk Anak TK Kelompok Bâ€. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Lailatul Asmaul dan Mallevi Agustin. 2019. “Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahunâ€. Jural FKIP Universitas Negeri Surabaya.
Latif, Zukhairina,dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Aplikasinya). Gelora Aksara Pratama. Jakarta.
Mawadah Warohmah. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Tradisional Gotri Legendry Kelompok A di RA Albidayah Candi Bandunganâ€. Skripsi. IAIN Salatiga.
Putri Anggraini. 2019. “Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Betuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahunâ€. Jurnal FKIP. Universitas Negeri Surabaya.
Riduwan. 2012. Pengantar Statistik Sosial. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Viska Mei Ariani. 2017.Pengembangan Permainan Bangun Geometri pada Pembelajaran Visual-Spasial untuk Anak Kelompok A TK Kartika IV-8 Kabupaten Jember. Jurnal FKIP. Universitas Negeri Malang.
Wahyudi CHA dan Dwi Retno Damayanti. 2005. Program Pendidikan untuk Anak Usia Dini di Pra Sekolah Islam. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Yulinda Paripurnanti. 2016. Pengembangan Permainan Colour Stick Geometri dalam Pembelajaran Kognitif Anak TK Kelompok B.Jurnal FKIP. Universitas Negeri Malang.