PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI POLA GAMBAR DAN POLA BILANGAN PADA KELAS 4 SD.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41996Keywords:
Media PowerPoint Interaktif, Pemahaman Konsep Matematika, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Metode pembelajaran tradisional kurang menarik sehingga murid sekolah dasar sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika pola gambar dan pola bilangan. Murid kelas empat membutuhkan pendekatan inovatif yang meningkatkan minat dan pemahaman konsep matematika abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media PowerPoint interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep murid kelas IV khususnya pola gambar dan pola bilangan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas yang berjumlah 30 murid dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur efektivitas media pembelajaran interaktif. Metode penelitian mengikuti siklus PTK yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat penelitian berupa tes pemahaman konsep, lembar observasi aktivitas murid, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PowerPoint interaktif secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika murid pada pola gambar dan pola bilangan. Peningkatan tersebut terlihat dari peningkatan nilai rata-rata murid, ketuntasan belajar, dan semangat murid dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika yang menarik dan interaktif untuk murid sekolah dasar.References
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Kusuma, Y. A., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 139–143. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.214
Lestari, B., & Andrijati, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Bersasis Powerpoint Dikombinasikan dengan ISPRING SUITE Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14350
Sopia, N. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Media Interaktif Berbasis Powerpoint. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 169–178. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.169-178
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920
Prasetio, W. E. (2022, April). Pemanfaatan Media Power Point Untuk Kegiatan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 112-117).
Widyardi, T., Sulianto, J., & Kurniasari, N. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint terhadap Hasil Belajar Kelas 4 di SD Negeri Sawah Besar 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4567-4573.
Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99-114.
Purwati, L. M. (2021). Media pembelajaran digital interaktif berbasis adobe flash pada masa pandemi di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 152-158.
Adventyana, B. D., Salsabila, H., Sati, L., Galand, P. B. J., & Istiqomah, Y. Y. (2023). Media pembelajaran digital sebagai implementasi pembelajaran inovatif untuk sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3951-3955.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahamurid di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19.
Nafiah, M., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Penerapan Media Pembelajaran PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 935-941.
Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Murid Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516-520.
Lutfiah, Z., Linda, P. V., & Apreasta, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powerpoint Interaktif Pada Materi Pembagian Kelas IV SDN 10 Sitiung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5800-5808.
Nurfadhillah, S., Unzhilaika, U., Rachma, S. N., & Nazifah, I. (2021). Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Powerpoint (PPT) Matematika Kelas VI di SDN Kampung Bambu 1. PENSA, 3(2), 226-242.
Mutia, W. S., & Mulyawati, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Animasi Power Point Terhadap Murid Kelas V Sdn Parung Panjang 06. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 351-360.
Pramestika, L. A. (2020). Efektivitas penggunaan media power point terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar dan bangun ruang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(1), 110-114.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Charisma Nabila, Ragil Utami, Retno Ayu, Nur Ngazizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.