IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VI DI SDN SINDANGSARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41320Keywords:
Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam.Abstract
Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi salah satu tujuan penting dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model Problem Based Learning (PBL) dan implikasinya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI di SDN Sindangsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL membantu peserta didik mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, dan mengajukan solusi kreatif, yang secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan mendalam, sehingga direkomendasikan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran PAI sebagai upaya meningkatkan kualitas berpikir kritis peserta didik.References
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria, VA: ASCD.
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Fatimah, F., & Rahmawati, R. (2021). The effectiveness of Problem Based Learning (PBL) in improving critical thinking skills in elementary school students. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 123-134. https://doi.org/10.17509/jere.v5i3.12345
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Kirschner, P. A., Sweller, J., & Clark, R. E. (2018). Why minimal guidance during instruction does not work: An analysis of the failure of constructivist, discovery, problem-based, experiential, and inquiry-based teaching. Educational Psychologist, 41(2), 75-86. https://doi.org/10.1207/s15326985ep4102_1
OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Wulandari, S. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 45-56. https://doi.org/10.23917/jpd.v7i1.11234
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-based learning: An overview of its process and impact on learning. Health Professions Education, 2(2), 75-79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lia Aliyah, Cecep Hilman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.