ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HOTS PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TIBAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37804Keywords:
Kemampuan Peserta didik, Soal HOTS (Hingher Order Thingking Skiil), Sistem KoordinasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal berbasis hots materi sistem koordinasi kelas XI di SMA Negeri 1 tibawa. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI biologi tingkat lanjut diSMA Negeri 1 Tibawa berjumlah 136 peserta didik, Sampel Pada Penelitian ini yaitu kelas XI 1.1 biologi tingkat lanjut sejumlah 26 Peserta didik, dengan Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Instrument pada pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal HOTS. Data dengan mengkategorikan jawaban peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal berbasis hots pada materi sistem koordinasi sebesar 69,03 tergolong sedang. Sementara itu berdasarkan tabel hasil perolehan skor tiap aspek peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa yaitu dengan (C4) sebesar 66,98% dikategorikan sedang, (C5) sebesar 81,73% dikategorikan tinggi, dan (C6) sebesar 62,5% dikategorikan sedang.References
Agustina, I Gusti A.T. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak
Ajani, Yullinda Fery. “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Kratwohl Pada Peserta Didik Kelas XI Billingual Class System MAN 2 Kudus Pada Pokok Bahasan Program Linier.” Skripsi, UIN WaliSongo, 2017.
Aningsih, Anugrah. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto Ditinjau Dari Prestasi Belajar.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2018.
Campbell, N.A., Reece, J.B., & Mitchell, L.G. 2012. Biology. 8th/1Edition. California: The Benjamin/Cummings Publishing Company.Inc
Campbell,Neil .,Jane B Reece.2011. Campbell Biology. Boston : Benjamin Cummings
Dinni, Husna Nur. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA).
Effendi, Herlina, Maryani Maryani, and Henky Sabantro. "Analisis Kesulitan Siswa Dalam Belajar Matematika Menggunakan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Kota Bengkulu." JPT: Jurnal Pendidikan Tematik 1.3 (2020): 130-138.
Ernawati, Luluk. “Pengembangan High Order Thinking (HOTS) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam.” 1st International Conference On Islamic Civilization ans Society (ICICS). 2017
Hamdi, Saepul Asep. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Hutabarat, H., Elindra, R., Harahap. M. S., Pendidikan, F., Dan, M., & Pengetahuan, I. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di sma negeri sekota padangsidimpuan. JURNAL MathEdu Mathematic Education Journal, 5(3), 58-69
Inquiry pada sub konsep fotosintesis di SMP. Bandung: FKIP Biologi Universitas Pendidikan Indonesia.
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Khotimah & Darwati.(2020). Aspek-Aspek Dalam Evaluasi Pembelajaran Jurnal Islamic Education. Vol. 1(2).
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers
Kusno. “Kemampuan Tim Penyusun Soal SKI MTs. Dalam Menyusun Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS).” Tesis, UIN Sunan Ampel, 2019
Maulana. Dasar-Dasar Konsep Peluang: Sebuah Gagasan Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Bandung: UPI PRESS, 2018
Ningsih, Desi Lestari. “Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal Ujian Nasional (UN) Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Ajaran 2016/2017.” Skripsi, Universitas Lampung, 2018.
Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02),
Nugroho, R. (2018). Higher Order Thinking Skills (HOTS). (T. Kurniawati, Ed.). Jakarta: Kompas Gramedia.
Nurhayati & Lia, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119-126.
Purwanto. 2013.Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Tangerang: Tsmart Printing
Sari, Ayu Diana. “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Perbandingan Siwa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember.” Skripsi, UNMUH, 2019
Sitti, K., Tutik, A., Rahayu. W., dan Ester, R. (2020). Buku Ajar Anatomi dan Fisiologi Manusia, Yogyakarta : Respati Press
Starr, McMillan. 2012. Human Biology Eighth Edition. USA: Brooks/Cole Cengage Learning
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876-884..
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Kencana
Trihardimantho Andi (2013) Keajaiban Sistem Indra Manusia Cetakan Pertama,Allaudin university press
Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., Reece, J. B., dan Campbell, N. A. (2016). Campbell Biology (11th ed.). Hoboken: Pearson Higher Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Delsi Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.