CRITICAL THINKING SKILLS OF TEACHER PROSPECTIVE STUDENTS IN SOLVING ETHNOMATHEMATICS-BASED MATHEMATICS PROBLEMS

Authors

  • Patricia V. Runtu Universitas Negeri Manado
  • Deiby N. F. Tiwow Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Kinzie F. Pinontoan Universitas Prisma
  • Sinta E. J. Kaunang Universitas Negeri Manado
  • Gita F. Jafar Institut Agama Islam Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41163

Keywords:

Berpikir kritis, Etnomatematika, Calon guru, Pembelajaran matematika, Budaya lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang berbasis etnomatematika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berpikir kritis berbasis etnomatematika, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa soal-soal matematika yang diintegrasikan dengan konteks budaya lokal, mencakup aspek berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru memiliki variasi kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal matematika berbasis etnomatematika. Pada aspek interpretasi, mayoritas mahasiswa mampu memahami konteks budaya dalam permasalahan matematika dengan baik. Dalam aspek analisis, mahasiswa menunjukkan kemampuan mengidentifikasi hubungan antara konsep matematika dengan unsur budaya. Pada aspek evaluasi, beberapa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memberikan penilaian terhadap argumen matematis yang berkaitan dengan konteks budaya. Sementara pada aspek inferensi, mahasiswa mampu menarik kesimpulan logis dari informasi yang diberikan. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya pengintegrasian konteks budaya dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan model pembelajaran yang mengintegrasikan etnomatematika untuk mempersiapkan calon guru yang mampu mengajar matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal.

References

Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40-49.

Budiarto, M. T. (2016). Etno-Matematika: Sebagai Batu Pijakan Untuk Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 1-9).

Danoebroto, S. W. (2020). Kaitan Antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(1), 37-48.

Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 261-276.

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Uskono, I. V., Leton, S. I., & Djong, K. D. (2020). Etnomatematika untuk siswa sekolah menengah: Eksplorasi konsep-konsep geometri pada budaya suku Boti. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 739-752.

Ermiati, E. (2022). Peningkataan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) Pada Pelajaran IPA Minimal Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Di Kelas Vii B Smpn 22 Batanghari. Journal Education of Batanghari, 4(1), 052-070.

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 139-145).

Ismaidar, I., & Putra, A. H. (2024). Peranan Mahasiswa Dalam Mengawal Konstitusi Serta Membangun Kesadaran dan Optimisme Politik Hukum di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1894-1905.

Ismail, H. H., Dewi, I., & Simamora, E. (2022). Keterkaitan antara Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Budaya. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 39-46.

Istichomaharani, I. S., & Habibah, S. S. (2016). Mewujudkan peran mahasiswa sebagai agent of change, social control, dan iron stock. In Prosiding Seminar Nasioanal dan Call For Paper ke (Vol. 2, pp. 1-6).

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif mahasiswa sebagai agen of change melalui pendidikan kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181-193.

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh open-ended terhadap prestasi belajar, berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 95-105.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI, (KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan aplikasi geogebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). Perancangan Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ester, K., & Ngadiorejo, H. (2023). Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game. Journal of Education Research, 4(4), 1666-1677.

Mangelep, N. O., Pinontoan, K. F., Runtu, P. V., Kumesan, S., & Tiwow, D. N. (2023). Development of Numeracy Questions Based on Local Wisdom of South Minahasa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 80-88.

Mangelep, N. O., Tiwow, D. N., Sulistyaningsih, M., Manurung, O., & Pinontoan, K. F. (2023). The Relationship Between Concept Understanding Ability And Problem-Solving Ability With Learning Outcomes In Algebraic Form. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4322-4333.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ngadiorejo, H., Jafar, G. F., & Mandolang, E. (2023). Optimization Of Visual-Spatial Abilities For Primary School Teachers Through Indonesian Realistic Mathematics Education Workshop. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7289-7297.

Mangelep, N. O., Pongoh, F. M., Sulistyaningsih, M., Mandolang, E., & Mahniar, A. (2024). Social Arithmetic Learning Design Using the Sociodrama Method with the PMRI Approach. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 5(2).

Mangelep, N. O., Mahniar, A., Amu, I., & Rumintjap, F. O. (2024). Fuzzy simple additive weighting method in determining single tuition fees for prospective new students at Manado State University. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 5700-5713.

Mangelep, N. O., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lahunduitan, L. O. (2024). Pendekatan analisis terhadap kesulitan siswa dalam menghadapi soal matematika dengan pemahaman koneksi materi trigonometri. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358-4366.

Manurung, A. S., Fahrurrozi, E. U., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda; Vol, 5(2).

Muhaiminu, W. H., & Nurhayati, S. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1).

Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2018). Ethnomathematics study: The technique of counting fish seeds (Osphronemus gouramy) of sundanese style. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 25-40.

Nadhief, M. I., Zai'muddin, A. K., & Bakar, M. Y. A. (2024). Latar Belakang Munculnya Filsafat Pendidikan: Dari Islam, Spiritualisme Kuno, Hingga Pemikiran Socrates, Plato, Dan Aristoteles. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 9(3), 21-30.

Ningsih, D. M., & Kusnafizal, T. (2020). Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik Pada Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1).

Nur, A. S., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika dalam perspektif problematika pembelajaran matematika: Tantangan pada siswa indigenous. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 90-96).

Nurhayati, S., & Erviana, Y. (2024). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Presentasi Akademik: Evaluasi Dari Berbagai Aspek Kualitas Penyampaian Dan Interaksi. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(2), 185-200.

Nyihana, E. (2021). Metode PJBL (Project Based Learning) Berbasis Scientific Approach Dalam Berpikir Kritis dan Komunikatif Bagi Siswa. Penerbit Adab.

Rahayu, S. M., Diansah, I., Gozali, B., Anugrah, A., & Robert, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 1(1), 1-34.

Sari, D. T., Aula, A. W., Nugraheni, V. A., Dina, Z. K., & Romdhoni, W. (2022, December). Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada siswa sd untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 82-96).

Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1-10.

Shavira, L. E. (2021). Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 225-235.

Shofiyati, N. (2021). Geometri Berbasis Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Untuk Membentuk Karakter Islami. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 43-56.

Sirate, S. F. S. (2015). Menggagas integrasi multikultur pembelajaran matematika: Suatu telaah etnomatematika. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 246-263.

Sutiyoso, B. U., Prihantika, I., Saputra, P. R., Fitriani, Y., & Destrilia, I. (2022). Peran mahasiswa dalam pembangunan politik di era society 5.0 dan revolusi industri 4.0.

Yuniar, D. A., Prayito, M., & Happy, N. (2024). Situs Rumah Sandi: Sumber Pembelajaran Geometri Transformasi Berdasarkan Pendekatan Etnomatematika. Journal on Education, 6(3), 16453-16465.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Runtu, P. V., Tiwow, D. N. F., Pinontoan, K. F., Kaunang, S. E. J., & Jafar, G. F. (2025). CRITICAL THINKING SKILLS OF TEACHER PROSPECTIVE STUDENTS IN SOLVING ETHNOMATHEMATICS-BASED MATHEMATICS PROBLEMS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1982–1989. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41163

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)