PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD 3 BABAKAN SARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41091Keywords:
Berpikir Kritis, Pembagian Pecahan, Perkalian Pecahan. Evaluasi PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi berpikir kritis siswa kelas 6 SD melalui operasi hitung pembagian. Instrumen ini dirancang dengan konteks kehidupan sehari-hari yang relevan untuk mengevaluasi pemahaman siswa secara komprehensif. Metode penelitian melibatkan uji coba soal pada 15 siswa dengan analisis menggunakan perangkat ANATES untuk menilai validitas, reliabilitas, konteks soal, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas dan reliabilitas tinggi, tetapi soal sebagian besar berada pada tingkat kesulitan "mudah," sehingga kurang optimal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis secara mendalam. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan soal dengan tingkat kesulitan bertahap, konteks lebih kompleks, dan melibatkan penalaran multilangkah untuk meningkatkan daya ukur instrumen.References
Astari, T. (2023). Pengembangan Lks Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Cv. Edupedia Publisher.
ELVIANA, S. A. (2019). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates di FTK UIN Ar-Raniry.
Fadillah, N. A. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD (Penelitain Quasi Eksperimen di SDN 067 Nilem Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Fathoni, A., Prasodjo, B., Jhon, W., & Zulqadri, D. M. (2023). Media dan Pendekatan Pembelajaran di Era Digital: Hakikat, Model Pengembangan & Inovasi Media Pembelajaran Digital.
Magdalena, I. (2023). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).
Sari, A. D. I., & Bakhtiar, A. M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSEDURAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 UPT SDN 100 GRESIK. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 54-64.
Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ali Azhar Herdiansyah, Dwiky Nurfauzi, Nur Assyifa Khoirunnisa, Hafiziani Eka Putri, Teten Ginanjar Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.