PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD 3 BABAKAN SARI

Authors

  • Ali Azhar Herdiansyah Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Dwiky Nurfauzi Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Nur Assyifa Khoirunnisa Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Teten Ginanjar Rahayu Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41091

Keywords:

Berpikir Kritis, Pembagian Pecahan, Perkalian Pecahan. Evaluasi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi berpikir kritis siswa kelas 6 SD melalui operasi hitung pembagian. Instrumen ini dirancang dengan konteks kehidupan sehari-hari yang relevan untuk mengevaluasi pemahaman siswa secara komprehensif. Metode penelitian melibatkan uji coba soal pada 15 siswa dengan analisis menggunakan perangkat ANATES untuk menilai validitas, reliabilitas, konteks soal, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas dan reliabilitas tinggi, tetapi soal sebagian besar berada pada tingkat kesulitan "mudah," sehingga kurang optimal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis secara mendalam. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan soal dengan tingkat kesulitan bertahap, konteks lebih kompleks, dan melibatkan penalaran multilangkah untuk meningkatkan daya ukur instrumen.

References

Astari, T. (2023). Pengembangan Lks Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Cv. Edupedia Publisher.

ELVIANA, S. A. (2019). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates di FTK UIN Ar-Raniry.

Fadillah, N. A. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD (Penelitain Quasi Eksperimen di SDN 067 Nilem Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Fathoni, A., Prasodjo, B., Jhon, W., & Zulqadri, D. M. (2023). Media dan Pendekatan Pembelajaran di Era Digital: Hakikat, Model Pengembangan & Inovasi Media Pembelajaran Digital.

Magdalena, I. (2023). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sari, A. D. I., & Bakhtiar, A. M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSEDURAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 UPT SDN 100 GRESIK. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 54-64.

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46-58.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Herdiansyah, A. A., Nurfauzi, D., Khoirunnisa, N. A., Putri, H. E., & Rahayu, T. G. (2025). PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD 3 BABAKAN SARI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 191–200. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41091

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.